TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

YONIF 413 BREMORO KOSTRAD PEDULI MANFAAKAN LAHAN KOSONG

By 11 Feb 2014 Kostrad
muhajir

Surakarta (Darmaputra). Bremoro atau lebah hitam lambang kesatuan Yonif 413 yang bersemboyan bersatu untuk menang. Batalyon yang dipimpin oleh May Inf Robby Suryadi.S.Sos ini menang dalam perang juga menang dalam membangun lingkup batalyonnya. Jadi sudah sangat tepat kalau kesatuan ini mempunyai lambang Bremoro atau lebah hitam yang hidupnya di hutan menyerang lawan dengan kompak dan binatang ini selalu membangun rumahnya secara bersama sama.

Yonif 413 Bremoro yang bermarkas di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah diatas tanah seluas kurang lebih 60 hektar,sangat besar kepedulianya untuk memfaatkan lahan lahan yang masih kosong. Lahan lahan kosong dimanfaatkan untuk kolam ikan nila dengan luas 2500 m2 yang sudah terisi ikan nila 30.000 ekor,kemudian untuk ikan gurami dua kolam masing masing kolam dengan luas 1000 m2 terisi 4000 ekor dan 5000 ekor. Ikan lele phiton luas kolam 500 m2 terisi 10.000 ekor dan untuk lele sangkuriang dengan luas 500 m2 ini sudah terisi 10.000 ekor . Setiap dua bulan sekali panen hasilnya mencapai 800 kg per kg nya 7 ekor lele. Dan setiap panen sudah ada pembeli yang datang di kolam ikan Bremoro dan di pasarkan dipasar diwilayah Surakarta,inipun hasilnya sangat memuaskan.

Sementara itu kolam ikan paten yang luasnya mencapai 1000 m2 yang sudah terisi 3000 ekor ini diatas kolam tersebut dibangun kandang ayam dengan kapasitas 5000 ekor ayam,jelasnya kandang ayam ada diatas kolam ikan paten. Baik kandang ayam diatas kolam paten dan perawatan ikan atau peternaknya dikerjakan oleh tenaga ahli dari Yonif 413 Bremoro yang sudah berpengalaman.

Batalyon 413 Bremoro ini bukan hanya memiliki lahan pertanian ikan saja,tapi batalyon ini juga memiliki lahan pertanian untuk sayuran cabe,timun,terong ,papaya Thailan dan labu,inipun hasilnya juga sangat memuaskan setiap panen.Ribuan pohon durian tertanam rapi dihalaman depan ksasatrian Bremoro. Setiap rumah dinas yang ada dilingkungan ksatrian Bremoro anggota yang menempati memanfaatkan sebagianhalaman depan rumah dengan ditanami tanaman cabe,terong dan lain sebagainya. Dipandang sepintas rumah dinas yang ada dilingkungan Yonif 413 Bremoro kelihatan indah dan asri.

Yang lebih kreatif lagi,barang bekas seperti ranjang tempat tempat tidur yang seharusnya sudah dibesi tuakan oleh anggota dirancang untuk dibuat menjadi kursi taman. Sedangkan meja terbuat dari ban bekas diatasnya dipasang kaca tebal dan jadilah meja kursi made in Bremoro. Dari anggota sangat rajin untuk membersihkan meja kursi dan merawat tanaman yang ada disekitar Mayon 413 Bremoro.

Pada Darmaputra Komandan Batalyon Infanteri 413 Bremoro May Inf Robby Suryadi.S.Sos mengatakan,dari pada lahan yang ada di batalyon ini kosong tidak dimanfaatkan dan tumbuh tanaman liar,lebih baik kita tanami tanaman yang bermanfaat dan kita buat kolam ikan. Jadi batalyon ini kalau dipandang keliahatan indah dan asri,sedangkan barang bekaspun seperti ranjang tempat tidur yang terbuat dari besi pipa,dari pada dibesi tuakan kita manfaatkan untuk kursi panjang dan pendek kita pasang ditempat yang perlu kita pasang kursi. Sedangkan meja kita buat dari ban bekas bagian luar kita bersihkan lalu atasnya kita kasih kaca yang tebal potong bulat sesuai ukuran ban bekas tersebut.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam V/Brawijaya Berita Satuan Kostrad Dinas Psikologi Kodam XVII/Cenderawasih Kodam XII/Tanjungpura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

YONIF 413 BREMORO KOSTRAD PEDULI MANFAAKAN LAHAN KOSONG