TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Jabatan Komandan Batalyon Infanteri 111/Raider Di Serah Terimakan

By 24 Mar 2014 19:55Kodam Iskandar Muda
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Komandan Korem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Hipdizah menegaskan kepada Masyarakat yang memiliki Sejata Api agar mengembalikan kepada Pihak yang berwajib baik Kepolisian maupun TNI. Karena nantinya akan dimanfaatkan kepada  pihak – pihak tertentu yang selalu melakukan tindakan kejahatan dan agar segera menghentikan aksi – aksinya, karena hal tersebut  hanya akan menambah penderitaan dan kesengsaraan bagi Masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Staf Korem (Kasrem) 011/Lilawangsa Letkol Kav Rusdi S.IP pada saat menyampaikan Amanatnya Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa dalam acara Serah Terima Jabatan Komandan Batalyon Infanteri 111/Raider Dari Mayor Inf Hasandi Lubis S.IP kepada Mayor Inf J. Hadiyanto. Bertempat di Lapangan Makoyonif 111/Raider Tualang Cut. Aceh Tamiang, Jumat (21/3).

Sementara itu berkaitan dengan Prosesi Serah terima jabatan Komandan Batalyon Infanteri 111/Raider yang baru saja dilaksanakan dan disaksikan bersama,  Danrem 011/LW menjelaskan bahwa pergantian jabatan di dalam lingkungan Tentara Nasional Indonesia  Angkatan Darat  adalah merupakan hal yang wajar dan biasa dilakukan. Tentunya pergeseran pucuk pimpinan yang dilakukan  telah melalui mekanisme dan prosedur  yang matang dan sistematis.

Selain itu Danrem 011/LW juga menjelaskan bahwa  melalui alih tugas dan alih jabatan  merupakan salah satu  kebutuhan bagi  suatu satuan,  dalam upaya  meningkatkan kredibilitas, dan profesionalisme untuk menciptakan keterpaduan dan  kebersamaan  dalam menjalankan roda organisasi, yang berdasarkan pada  kemampuan menciptakan sinergisitas antara pucuk pimpinan dan seluruh bawahannya, sehingga terjalin hubungan kinerja yang dapat membangun sistem kerja yang lebih efektif dan efesien serta berhasil guna bagi kemajuan organisasi. Sekaligus untuk memantapkan kembali struktur organisasi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat khususnya di Wilayah Jajaran Korem 011/Lilawangsa.

Kolonel Inf Hipdizah pada kesempatan tersebut menegaskan kembali, dalam rangka untuk memajukan satuan, Khususnya di Satuan Tempur, dibutuhkan seorang Pemimpin yang Solid, Tangguh, Trengginas dan Berwawasan luas, sehingga dalam perjalanan kepemim-pinannya akan mampu membawa Satuan Yonif 111/Raider ini ke arah yang lebih baik, maju tanpa ada pelanggaran dan berkualitas.

Oleh karena itu, saya mengharapkan dengan pelaksanaan serah terima jabatan ini, agar dijadikan wahana untuk melakukan intropeksi dan evaluasi bagi seluruh prajurit dan Keluarga besar Yonif 111 /Raider, dimana  apa yang telah dilakukan oleh pejabat terdahulu, hendaknya dapat dijadikan Barometer untuk melakukan pembenahan dan perubahan demi meningkatkan Eksistensi kualitas Prajurit sebagai Abdi Negara dan Abdi Masyarakat di masa yang akan datang

Hal ini penting di pahami bersama mengingat Akhir – akhir ini angka pelanggaran yang terjadi di Wilayah Korem 011/LW menunjukkan perkembangan adanya peningkatan. Oleh sebab itu di butuhkan  pembinaan dan pengawasan secara efektif dan melekat bagi seluruh prajurit dan PNS di satuannya Masing – masing. Unutk itu ” saya tidak menginginkan adanya keteledoran dan kelengahan yang mengakibatkan terjadinya kerugian dan pelanggaran bagi Prajurit serta PNS di Jajaran Korem 011/LW. Ujar Danrem 011/LW.

Mencermati situasi dan  kondisi di Wilayah Korem 011/Lilawangsa menjelang pemilu 2014 secara umum masih terdapat beberapa peristiwa yang mejadi atensi kita sebagai aparatur pertahanan dan keamanan Negara dalam menciptakan iklim wilayah yang nyaman dan kondusif.

Disamping itu juga, kita harus menyiapkan satuan baik personel maupun materiil dalam rangka perbantuan kepada pihak kepolisian. Oleh karena itu sebagai aparat pertahanan dan keamanan kita terus berupaya meningkatkan kemampuan tempur dan pembinaan teritorial terbatas serta naluri intelijen perorangan pada tingkat kewaspadaan dan kepekaan terhadap kondisi yang mungkin terjadi, mengingat intensitas tindakan kriminal yang belakangan ini semakin meningkat.

Oleh sebab itu diharapkan agar Batalyon 111/Raider bersama elemen masyarakat lainnya, dapat Bahu-membahu untuk menjaga dan merawat perdamaian yang telah dirasakan bersama, serta yang paling utama adalah dapat  menciptakan iklim kondusif di Tengah-tengah kehidupan sosial masyarakat.

Berkenaan dengan upacara serah terima jabatan ini, selaku Komandan Korem  011/Lilawangsa dan pribadi saya ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Mayor Inf Hasandi Lubis S.IP atas dedikasi, loyalitas dan pengabdiannya selama memangku jabatan danyonif 111/raider, semoga berbagai pengalaman tugas yang diperoleh selama memimpin Yonif 111/Raider akan menjadi bekal yang bermanfaat didalam mengemban tugas selanjutnya sebagai Komandan sekolah calon bintara di Rindam Iskandar Muda.

Ucapan yang sama saya sampaikan juga kepada Ny. Lili Hasandi Lubis, sebagai isteri yang selama ini dengan setia mendampingi suami Mayor Inf Hasandi Lubis dalam memajukan Persit Cabang XXIV Yonif 111/Raider prajurit dan keluarganya.

Selanjutnya kepada Mayor Inf J. Hadiyanto saya sampaikan selamat atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh Pimpinan TNI Angkatan Darat, untuk memimpin Yonif 111/Raider. Begitu pula kepada Ny. Isyana J Hadiyanto, saya harapkan agar dapat dan mampu mendampingi suami dengan Sebaik- baiknya serta bisa memberikan suasana sejuk dan dinamis bersama Keluarga dan Persit Yonif 111/Raider.

Saya juga berharap, dengan landasan komitmen yang kuat sebagai prajurit pejuang dan pejuang prajurit,  Mayor Inf J. Hadiyanto akan senantiasa mampu meningkatkan prestasi dan mengangkat terus reputasi Yonif 111/Raider. Dan satu hal yang harus

perlu di ingat, bahwa jabatan yang diberikan adalah merupakan Rahmat dan amanah serta titipan dari Tuhan yang Maha Kuasa, yang harus kita syukuri dan dapat kita pertanggung jawabkan dengan Sebaik-baiknya.

Sebelum mengakhiri amanat ini, Kolonel Inf Hipdizah memberikan beberapa penekanan kepada seluruh prajurit Batalyon Infanteri 111/Raider, sebagai berikut :

Pertama, tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa, sebagai landasan moral dan etika dalam melaksanakan tugas.

Kedua, junjung tinggi Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta jadikan sebagai pedoman untuk meningkatkan kualitas dan profesional serta kinerja tInggi di Satuan Yonif 111/Raider.

Ketiga,  pelihara dan jaga nama baik Satuan serta laksanakan tugas secara meyeluruh dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab yang  Setinggi-tingginya .

Keempat, tingkatkan terus kemampuan baik secara perorangan, kelompok maupun satuan, agar tercapai tugas pokok satuan dengan optimal.

Kelima, laksanakan pembinaan teritorial terbatas dengan menggunakan sarana dan prasarana yang dimiliki, agar tercipta kemanunggalan TNI – Rakyat secara konprehensif dan berkesinambungan.

Keenam. Hindari perkelahian dan perselisihan antara  sesama anggota  TNI, Kepolisian dan Masyarakat,  karena hal tersebut  dapat mencederai nama baik institusi TNI secara umum.

Ketujuh. Laksanakan pengawasan melekat serta lakukan pembinaan satuan secara tepat, teratur dan terencana guna mengurangi terjadinya angka pelanggaran prajurit.

Kedelapan.   Tingkatkan selalu Netralitas TNI pada diri setiap anggota, jangan pernah terpancing pada situasi politik yang berkembang. Ujar Danrem 011/LW.

Kegiatan Serah Terima Jabatan Danyonif 111/Raider di hadiri oleh, Bupati aceh Tamiang beserta Unsur Muspida, Ketua DPRK dan segenap anggota Dewan Kab. Aceh Tamiang, Bupati Aceh Timur beserta Unsur Muspida, Ketua DPRK dan segenap anggota Dewan Kab. Aceh Timur, Walikota Langsa beserta Unsur Muspida, Ketua DPRK dan segenap anggota Dewan pemerintah Kota Langsa, Para Komandan Kodim, Komandan Batalyon Inf Sejajaran Korem 011/Lilawangsa, Para Kasi dan Pasi Korem 011/LW, Para Komandan dan Kepala Dinas Jawatan Jajaran  Korem 011/LW, Para Pejabat pemerintah Sipil, TNI/Polri, Para Alim ulama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Pimpinan Orpol dan Ormas Aceh Tamiang dan Aceh Timur, Wakil Ketua beserta pengurus Persit Koorcab Rem 011, Ketua beserta pengurus persit Cabang XXIV Yonif 111, Para Perwira, Bintara dan Tamtama serta seluruh peserta Tamu undangan yang hadir.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Jabatan Komandan Batalyon Infanteri 111/Raider Di Serah Terimakan