Skip to main content
Kodam XVII/Cenderawasih

Kasdam XVII/Cenderawasih Mendamaikan Perang Suku di Mimika

Dibaca: 38 Oleh 12 Mar 2014Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Mimika (10/3), Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Hinsa Siburian meninjau lokasi perang Suku Dani dan Suku Moni yang terletak di Jayanti komplek Distrik Kuala Kencana Kabupaten Mimika.

Perang suku bagi masyarakat Papua merupakan budaya internal yang sudah dijadikan kesepakatan bersama dari kedua belah pihak yang apabila kedua belah pihak tersebut tidak ditemukan jalan keluar dalam pemecahan suatu masalah maka akan dilaksanakan perang suku. Perang suku menurut cerita para leluhur Papua juga bisa dikatakan sebagai kepercayaan untuk menjaga keseimbangan lingkungan dimana darah yang keluar akan membuat tanah menjadi subur. Namun dalam perkembangannya perang suku hanyalah akan merugikan bagi masyarakat Papua itu sendiri.

Dalam kunjungannya Kasdam menyampaikan beberapa penekanan terhadap Suku Dani dan Suku Moni agar tidak melakukan tindakan-tindakan kekerasan yang menyebabkan timbulnya kerugian yaitu adanya korban jiwa. Helmi Murib Panglima Perang Suku Dani melakukan patah panah sebagai simbul perang dihentikan dan kedua suku sepakat untuk berdamai. Dalam Acara tersebut Kasdam juga menyampaikan pentingnya kedamaian ditahun politik ini supaya pemilu yang tinggal menghitung beberapa hari saja, dapat dilaksanakan dengan sukses dan berjalan lancar.

Baca juga:  Koramil 1705-03/Waghete Mendampingi Pengobatan Masal Di Kampung Bomou I Distrik Tigi KAB Deiyai

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel