TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Keberhasilan Binter Ditentukan Oleh Kemampuan Apter

By 27 Mar 2014 20:40Kodam III/Siliwangi
logo-tni-ad-featured-1600×900-3
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim mengatakan fungsi utama TNI Angkatan Darat adalah melaksanakan pembinaan teritorial (Binter) yang diimplementasikan melalui kegiatan Pembinaan komunikasi sosial (Binkomsos), Bhakti TNI, serta pembinaan ketahanan wilayah (Bintahwil) yang ditujukan untuk membangun kesadaran pertahanan negara aspek darat dalam rangka kepentingan pembinaan kekuatan TNI Angkatan Darat.
Pernyataan tersebut disampakan Pangdam III/Siliwangi dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Kasdam III/Siliwangi Letkol Arh Jama’ah saat membuka Transfer of Training Pembinaan Teritorial di Rindam III/Siliwangi Jalan Manado Bandung, Rabu (26/3).
Transfer of Training Pembinaan Teritorial dilaksanakan selama dua hari diikuti 75 peserta terdiri dari para Kasiter Korem, Kasdim, Danramil, Pastier dan para pejabat teritorial jajaran Kodam III/Siliwangi. Materi yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut diantaranya lima kemampuan Teritorial, sikap Teritorial, metode Binter, netralitas TNI dalam Pemilu, prosedur penanggulangan bencana alam, komunikasi publik dan cara memberikan instruksi.
Lebih lanjut Pangdam mengungkapkan  TNI Angkatan Darat sebagai bagian integral dari TNI mempunyai tugas pokok antara lain selaku penegak kedaulatan negara, dan mempertahankan keutuhan wilayah daratan, bersama dengan komponen pertahanan lainnya, sesuai dengan Undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI.
Tugas dan Fungsi tersebut menurut Pangdam dapat tercapai apabila seluruh aparat teritorial memiliki kemampuan dan pemahaman yang sama terhadap pelaksanaan  pembinaan teritorial, sehingga dapat menguasai dan mampu menyusun rencana-rencana Binter yang disesuaikan dengan kondisi wilayah, rencana strategis TNI Angkatan Darat serta perkembangan lingkungan nasional.

Pangdam mengharapkan kepada seluruh peserta transfer of training Binter  agar memanfaatkan waktu seefektif dan seefisien mungkin dengan cara memperhatikan dan menanyakan hal-hal yang belum dimengerti, sehingga semua materi yang diberikan dapat menjadi bekal dalam mentransferkan kembali ilmu yang diperoleh kepada prajurit lainnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Keberhasilan Binter Ditentukan Oleh Kemampuan Apter