TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kegiatan MPC Latma Garuda Shield-8/2014

By 28 Mar 2014 22:35Kostrad
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Pada tanggal 10 s/d 14 Maret 2014,yang lalu bertempat di hotel Aston Jember telah dilaksanakan Middle Planning Conference (MPC) Latma Garuda Shield. Kegiatan ini diikuti oleh delegasi TNI AD dan US Army, dimana dari pihak TNI AD terdiri dari perwakilan Sopsad dipimpin oleh Kolonel Inf Joko Sudiono, S.A.P., MA (Paban V/Kermamil), Divisi Infanteri 2 Kostrad sebanyak 22 personel dibawah pimpinan Letkol Inf Aminton Manurung, S.I.P (Kasbrigif 6/2/K), serta delegasi US Army sebanyak 31 personel Garuda Shield Planner yang dipimpin Ltc. Darren Edward Musico (25th ID Leader Planner). selain itu, konferensi ini juga melibatkan seluruh instansi terkait di wilayah Jawa Timur, dalam rangka mendukung penyiapan Latma Garuda Shield 8/2014 yang direncanakan akan dilaksanakan di daerah latihan TNI AL Asembagus kompleks dan Lanumad A. Yani Semarang pada bulan September 2014.

Adapun tujuan diselenggarakannya latihan bersama Garuda Shield 8/2014 adalah untuk meningkatkan hubungan bilateral, kerja sama dan peningkatan kemampuan tehnik dan taktik kemiliteran antara TNI AD dengan US Army pada khususnya serta hubungan kedua Negara pada umumnya. Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam latihan tersebut berupa latihan posko/CPX (Command Pos Exercise) dengan materi pembahasan tentang operasi perdamaian dunia, latihan lapangan/FTX (Field Trainning Exercise) meliputi perang hutan dan drill tempur gabungan, kesehatan lapangan (Medical evacuation) dan Penerbad (Aviation) meliputi materi pengintaian udara, bantuan tembakan udara, operasi Mobud, evakuasi udara dan dorlog udara.

Pada latihan bersama Garuda Shield 8/2014 ini, akan sangat berbeda dengan pelaksanaan Latma Garuda Shield di tahun-tahun sebelumnya. Perbedaan tersebut dapat dilihat baik jumlah personel maupun Alutsista dalam skala besar yang nantinya akan digelar dalam latihan ini. Sesuai rencana, Latma ini akan melibatkan 400 personel dari US Army serta dilengkapi dengan berbagai jenis Alutsista seperti Helikopter jenis Apache dan Blackhawk serta Ranpur Stryker, sedangkan dari TNI AD menurunkan Helikopter jenis Bell, Bolco dan Mi-35 serta ranpur jenis Anoa.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kegiatan MPC Latma Garuda Shield-8/2014