TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KODIM 1602/ENDE BANTU WARGA PASANG BRONJONG

By 11 Mar 2014 22:23Berita Satuan
ende bronjong penad

            Kodim 1602/Ende bersama warga desa Borokanda, Kecamatan Ende Utara ,Kabupaten Ende, serta komponen masyarakat lainnya pada Senin (10/03) melaksanakan karya bhakti pemasangan bronjong di pinggir pantai Desa Borokanda, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, akibat abrasi pantai yang terjadi pada tanggal 30 Januari 2014.

          Dandim 1602 /Ende Letkol Kav Tri Handoko yang terjun langsung memimpin kegiatan pemasangan bronjong ini,menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Kodim 1602/Ende untuk memberikan rasa aman kepada warga dari ancaman gelombang pasang yang mengakibatkan terjadinya abrasi. Abrasi ini hampir terjadi pada setiap tahunnya.

          Lebih lanjut, kegiatan karya bhakti ini sebenarnya telah di rencanakan sejak terjadi abrasi, tetapi karena kendala pada tataran pemerintahan maka kegitan ini baru dilaksanakan sekarang ( 10/03).

Dalam kesempatan tersebut Kades Desa Borokanda, M Zamroni , menyampaikan terimakasih kepada TNI, dalam hal ini Kodim 1602/Ende yang telah ikut membantu masyarakat memasang bronjong. Sejak terjadinya abrasi, Kodim 1602/Ende telah aktif turun ke lapangan untuk membantu masyarakat kami dalam menangani abrasi ini, seperti membantu evakuasi masyarakat,memberikan bantuan dan membangun tanggul darurat. Kegiatan karya bhakti ini setidaknya telah meringankan beban masyarakat desa Borokanda yang beberapa waktu yang lalu terkena abrasi.

          Sementara itu Camat Ende Utara, Petrus Djata, yang juga hadir dalam kegiatan tersebut, menyampaikan bahwa bronjong yang di pasang ini akan bisa menahan abrasi, sehingga tidak ada kekhawatiran masyarakat desa Borokanda lagi jika terjadi gelombang pasang. Kami banyak dibantu TNI, dan jujur kami katakan kalau mereka selalu bersama kami dari awal kejadian sampai dengan sekarang ini,dengan kehadiran TNI dapat meringankan beban yang dialami oleh masyarakat,ujar bapak Camat Ende Utara.

          Bronjong yang dibangun ini terdiri dari 100 unit , yang terbagi mendai dua tempat pemasangan, yaitu 50 unit di wilayah timur dan 50 unit di wilayah barat di wilayah yang terkikis abrasi. Kegiatan ini dengan melibatkan unsur kecamatan Ende Utara, Kompi C Yonif 743/PSY, serta masyarakat desa Borokanda.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KODIM 1602/ENDE BANTU WARGA PASANG BRONJONG