TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Korem 045/Gaya Babel Berbagi Ilmu Dengan Damkar Kota Pangkalpinang

logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Prajurit Korem 045/Gaya Babel tadi siang memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang penyelamatan korban dalam pelatihan rescue team pemadam kebakaran (Damkar) Pemkot Pangkalpinang Babel di kantor Dinas Kebersihan dan pemadam kebakaran jalan Basuki Rahmat Ujung Kelurahan Sriwijaya Kecamatan Giri Maya Rabu 26/03/2014.

Materi yang disampaikan oleh para prajurit Korem 045/Gaya diantarnya refling, peluncuran dan pengenalan tentang tali temali dan cara mengikatnya tali temali.

Kegiatan ini didahului dengan teori singkat dan dilanjutkan dengan demo singkat oleh para prajurit Korem di bawa pimpinan Lettu Inf H.P. Aritonang yang jabatan sehari-hari sebagai Komandan Pleton senjata lawan tank (SLT) di Kompi Markas Korem 045/Gaya. Dan dilanjutkan di praktekkan oleh para anggota Damkar Kota Pangkalpinang.

Sebanyak 38 orang pesertapelatihan penyelamatan ini tampak sangat antusias ingin mengetahui, mencoba dan melaksanakan apa yang telah dipraktekkan oleh team demo dari prajurit Korem diantaranya Sertu Bambang, Serda Hananto dan Serda Zendriawan.

Kepala dinas kebersihan dan pemadam kebakaran kota Pangkalpinang Bapak Iwansyah mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas personel dari Damkar kota Pangkalpinang.

Selama ini anggota Damkar dalam melaksanakan tugas masih memiliki keterbatasan dalam hal keahlian tali temali dan peluncuran, “kami belum dapat keterampilan dan pahan cara menyelamatkan korban diatas ketinggian yang kami miliki” tegas Iwansyah.

Kejadian yang pernah dialaminya di wilayah Bangka ini khususnya yang terjadi di bukit pao (tidak bisa menolong korban kebakaran), menjadi pelajaran yang berharga bagi kami, sehingga dengan peristiwa ini, Damkar  mengintropeksi diri untuk berbuat dalam melaksanakan togas kedepan lebih baik seperti yang diharapkan masyarakat Pangkalpinang.

Harapan Kepala Dinas kedepan memastikan anggota Damkar dalam melaksanakan tugas penanganan kebakaran dan keselamatan korban akan lebih profesional, karena selama ini masyarakat menginginkan kita serba bisa dalam menangani kebakaran. Oleh sebab itu momen ini sangat tepat untuk perbaikan kami kedepan.

Lettu Inf Aritonang selaku komandan latihan mengungkapkan bahwa kedatangan prajurit Korem kesini untuk berbagi ilmu dan pengetahuan kepada aparat pemerintah di Banka Belitung ini khususnya Pemkot Pangkalpinang.

Akhir dari kegiatan latihan ini Personel Damkar langsung mempraktekkan apa yang telah diberikan oleh prajurit Korem 045/Gaya. Ada laporan kebakaran rumah dua lantai dan didalamnya ada penghuni rumah yang terjebak didalamnya.

Dengan sigap anggota Damkar meluncur ke TKP langsung mematikan api yang telah berkobar yang akan melalap rumah sebelahnya, sebagian anggotanya menyelamatkan korban yang terjebak dengan menggunakan tali dan perlengkapan lainnya seperti yang telah di praktekkan oleh prajurit korem 045/Gaya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Korem 045/Gaya Babel Berbagi Ilmu Dengan Damkar Kota Pangkalpinang