TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Mabes TNI Gelar Rakornis Puskodal Jajaran TNI

By 28 Mar 2014 23:13Kliping
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Kamis, 27 Maret 2014 15:29:21, PUSPEN TNI (27/3),- Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayjen TNI Ridwan membuka Rapat Koordinasi Teknis Pusat Komando Pengendalian (Rakornis Puskodal) Jajaran TNI, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (27/3/2014). Rakornis Puskodal yang mengambil tema “Budayakan Koordinasi Antar Komunitas Puskodal Dalam Pemantauan Kegiatan Operasional dan Latihan TNI Guna Mendukung TNI”, diikuti 47 orang terdiri dari 32 orang peserta, 7 orang undangan, serta 8 orang sebagai peninjau dan berlangsung selama 1 hari.

Tujuan pelaksanaan Rakornis agar diperoleh kesamaan visi, misi dan persepsi serta langkah yang diambil dalam rangka meningkatkan peran dan fungsi Puskodal jajaran TNI. Sedangkan sasarannya adalah terwujudnya koordinasi dan hubungan kerja yang harmonis antar komunitas Puskodal jajaran TNI; terwujudnya kemampuan lapor cepat Puskodal jajaran TNI atas kejadian menonjol di wilayah kewenangannya; terwujudnya fungsi Puskodalops dan interoperability TNI secara optimal dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI.

Dalam sambutannya, Asops Panglima TNI mengatakan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang demikian pesat telah mengubah peradaban manusia menjadi tanpa batas, dimana dalam kurun waktu yang demikian cepat untuk mengetahui peristiwa dan kejadian dari suatu tempat ke tempat lain melalui media pengantar yang semakin canggih dan modern. Perkembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, dapat meningkatkan taraf hidup manusia namun juga mempengaruhi dan memberikan kerawanan terhadap kedaulatan suatu negara.

Berkaitan dengan peran TNI sebagai alat pertahanan negara, maka gelar kekuatan yang telah diproyeksikan untuk menghadapi berbagai ancaman, harus dengan mudah dapat dikendalikan oleh Panglima TNI dengan cepat, tepat, dan terukur. Melalui  Pusdalops TNI dengan dukungan  Puskodal jajaran TNI yang bertugas menyiapkan fasilitas komando dan pengendalian operasi TNI serta menyelenggarakan sistem informasi TNI dan jajarannya, sudah saatnya memiliki siskodal dengan informasi yang up to date secara cepat, tepat, handal dan akurat melalui k4i TNI.

Di samping hal  tersebut, diharapkan juga adanya budaya koordinasi antar komunitas Puskodal dalam melakukan pemantauan kegiatan operasional dan latihan TNI di dalam maupun luar negeri, guna mewujudkan interopability TNI sesuai kebijakan Panglima TNI.  Dan untuk mewujudkan sistem k4i yang handal, dibutuhkan manajemen organisasi yang efektif, sumber daya manusia yang profesional dan penerapan serta pemanfaatan teknologi yang tepat guna.

Diakhir sambutannya Asops Panglima TNI mengingatkan bahwa tugas TNI ke depan tidaklah semakin ringan, dengan adanya perkembangan global yang tidak menentu dan permasalahan dalam negeri yang semakin kompleks. Untuk itu pada kesempatan ini dipesankan kepada peserta rakornis, khususnya Kapuskodal jajaran TNI untuk menjadikan kegiatan ini sebagai sarana komunikasi dan upaya pemantapan kerjasama puskodal jajaran TNI dalam rangka mewujudkan siskodal yang handal dengan membudayakan koordinasi antar komunitas Puskodal dalam pemantauan kegiatan operasional dan latihan TNI guna mewujudkan interoperability TNI.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Tips Kesehatan Kodam XVI/Patimura Puspen TNI Kodam XII/Tanjungpura Kodiklat Dinas Penerangan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Mabes TNI Gelar Rakornis Puskodal Jajaran TNI