Skip to main content
Kodam XVII/Cenderawasih

PANGDAM XVII/CENDERAWASIH BERIKAN CERAMAH PEMBEKALAN WAWASAN KEBANGSAAN KEPADA PRAJA IPDN PAPUA

Dibaca: 388 Oleh 05 Mar 2014Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

 

Jayapura(04/03).Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Christian Zebua M.M  memberikan ceramah pembekalan tentang Wawasan Kebangsaan kepada Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Papua pada 4 Maret 2014 bertempat di Kampus IPDN Kotaraja Papua.

Kepada Mahasiswa/Mahasiswi Praja IPDN Pangdam menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan sangat penting untuk diketahui oleh seluruh Bangsa Indonesia terutama para generasi muda penerus bangsa dan calon pemimpin bangsa.Wawasan Kebangsaan adalah cara pandang mendasar dan komprehensif bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila Undang Undang Dasar 1945 mengenai diri dan lingkunganya,mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah,meningkatkan kesejahteraan dan melindungi segenap bangsa serta berperan aktif dalam perdamaian dunia.

Wawasan Kebangsaan sangat diperlukan dalam upaya pembinaan karakter dan jati diri bangsa agar mampu mengatasi berbagai permasalahan kebangsaan termasuk yang paling berat yaitu disintegrasi bangsa. Aktualisasinya merupakan partisipasi bangsa secara nyata oleh setiap warga bangsa dan komponen bangsa dengan indicator member kontribusi dalam membangun bangsa, mengangkat harkat dan martabat bangsa di dunia.

Baca juga:  Prajurit Korem 174/ATW Laksanakan Tes Kesemaptaan Jasmani Periodik II Ta 2015

Selain itu Pangdam juga menyampaikan tentang Empat(4) Pilar Kebangsaan Indonesia sesuai Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia 16 Agustus 2007 yaitu Pancasila,UUD 1945,NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Upaya upaya untuk memperkokoh Wawasan Kebangsaan harus mengetahui dan memahami komponen utama dari Wawasan Kebangsaan itu sendiri yaitu Rasa Kebangsaan sebagai pendorong munculnya kesadaran berbangsa serta sebagai perekat kebangsaan dari masyarakat negara yang heterogen, namun terdapat kebersamaan sosial yang tumbuh dari kebudayaan,sejarah, aspirasi perjuangan masa lampau dan kebersamaan menghadapi ancaman. Selanjutnya Paham Kebangsaan yaitu kemampuan memahami ciri hakiki bangsa antara lain memahami pikiran nasional tentang cita cita dan hakikat perjuangan yang menjadi ciri khas suatu bangsa. Dan yang terakhir adalah Semangat Kebangsaan yaitu perwujudan Rasa Kebangsaan dan Paham Kebangsaan yang disebut NASIONALISME rasa cinta kepada Tanah Air ,Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel