TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PEMBEKALAN TIPPING POINT LEADERSHIP OLEH DANREM 051/WKT

By 28 Mar 2014 18:07Berita Satuan
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Komandan Korem 051/Wkt Kolonel Inf Rudianto, memberikan pembekalan kepada Para Dandim, Para Kasi,Para Perwira Staf Korem 051/Wkt, Bertempat ruang data Lt 2 Makrem 051/Wkt, Kamis (27/3).

Dalam pengarahannya, Danrem mengatakan bahwa persoalan leadership bukan persoalan teori, bukan pula banyak sedikitnya buku yang dibaca,  karena leadership adalah art and science, disitu art muncul jauh melebihi  science itu sendiri karena di dalam art muncul karakter. “Pemimpin yang hebat tumbuh bukan karena menegakkan peraturan yang keras tetapi  mampu menebarkan pikiran dan semangat yang bisa mengilhami dan mampu memberikaninspirasi kepada anak buahnya”, ujarnya. Tipping point merupakan istilah yang digunakan untuk mengambarkan bagaimana hal kecil dapat memberikan perubahan besar.  Fenomena ini dalam ilmu Fisika dikenal dengan teori Critical Mass, atau di Ilmu Matematika dikenal dengan nama Chaos Theory. Secara Ilmiah tipping point dapat dijelaskan sebagai bagaimana sesuatu hal kecil dapat berimbas menjadi hal besar dan menyebar melalui jaringan sehingga saling berpengaruh dancontagiousness atau menular seperti virus. Di era internet sekarang ini ternyata social network cukup berperan memberikan tipping point terutama pada fenomena hukum.

Selain menyampaikan perlunya penguatan leadership, Danrem juga menyampaikan penekanan kepada Para Dandim jajaran,antara lain: pertama,  terkait dengan  bagaimana melakukan penguatan tentang interoperability guna menghindari dan menekan ego sektoral,karena ego sektoral akan melemahkan organisasi. Kedua,  membangun profesionalitas prajurit sebaik-baiknya dengan terlebih dahulu meningkatkan sumber daya manusia, dan bagaimana penguatan hubungan Prajurit Korem 051/Wkt dengan rakyat dengan slogan “Cintailah Rakyat dengan Sepenuh Hati Maka Rakyat akan Mencitaimu”.

Menurut Danrem, setelah mengikuti pembekalan ini, diharapkan para pejabat Dandim dan Perwira staf menjadi pimpinan yang memiliki wawasan dan mindset baru mengenai leadership, interpreneurship dan organisasi, sehingga mampu membawa Korem 051/Wkt menjadi Satuan Wilayah yang kuat dan unggul.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PEMBEKALAN TIPPING POINT LEADERSHIP OLEH DANREM 051/WKT