TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Setiap Warga Negara Wajib Membela dan Mempertahankan Kedaulatan Negara

By 28 Mar 2014 18:05Kodam II/Sriwijaya
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo yang di wakili oleh Irdam II/Swj Kolonel Inf Teguh Pambudi menerima kunjungan kerja Dirjen Strategi Pertahanan Kementrian Pertahanan RI Mayjen TNI Sonny E.S.P beserta rombongan dalam rangka Sosialisasi Kebijakan Pertahanan Negara tahun 2014 bertempat di Gedung Sudirman Makodam II/Swj  Palembang, Kamis (27/3).

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo dalam sambutan yang dibacakan oleh oleh Irdam II/Swj Kolonel Inf Teguh Pambudi mengatakan bahwa, kebijakan pertahanan mencerminkan Politik Negara dalam mengelola Pertahanan Negara. Tujuan dari kebijakan Pertahanan Negara adalah terwujudnya pemberdayaan wilayah yang mampu menghadapi ancaman, terwujudnya penerapan manajemen pertahanan yang terintegrasi, meningkatnya kualitas personel Kementerian Pertahanan dan TNI yang profesional, terwujudnya teknologi pertahanan yang mutakhir dan terwujudnya Kemanunggalan TNI-Rakyat dalam membela Negara. Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta) mengisyaratkan bahwa setiap warga Negara berhak dan wajib terlibat aktif dalam membela serta mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan Negara, juga keutuhan wilayah dan keselamatan segenap Bangsa dari segala ancaman. Dalam implementasinya, memerlukan pelibatan seluruh komponen kekuatan pertahanan negara, yang dikelompokkan dalam  komponen utama, komponen cadangan dan komponen pendukung.

Sementara itu, Dirjen Strategi Pertahanan Kemenhan RI Mayjen TNI Sonny E.S.P mengatakan bahwa, konsepsi pertahanan negara demi kepentingan nasional adalah tetap tegaknya NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta terjaminnya kelancaran dan keamanan pembangunan nasional yang berkelanjutan guna mewujudkan tujuan pembangunan dan tujuan nasional, sedangkan hakikat pertahanan negara adalah segala pertahanan bersifat semesta, yang penyelenggaraannya didasarkan pada kesadaran akan hak dan kewajiban seluruh warga negara serta keyakinan pada kekuatan sendiri untuk mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat.
Hadir pada Sosialisasi ini, Irdam II/Swj, Aster Kasdam II/Swj, Dan/kabalakdam II/Swj, Pa LO AU dan AL, anggota Polri, Dishub, Menwa, serta para prajurit Se Garnizun Palembang.

Setiap Warga Negara Wajib Membela dan Mempertahankan Kedaulatan Negara