TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Sosialisasi Netralitas TNI Korem 161/Wira Sakti Tahun 2014

By 14 Mar 2014 18:25Kodam IX/Udayana
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Danrem161/Wira Sakti Brigjen TNI Achmad Yuliarto membuka  Acara Sosialisasi Netralitas TNI Korem 161/Wira Sakti dalam rangka menghadapi pemilu Tahun 2014 Rabu (12/03) bertempat di Aula Flobamora Korem 161/Wira Sakti.

Danrem 161/Wira Sakti Brigjend TNI Achmad Yuliarto menyampaikan bahwa Pemilu/Pemilukada mempunyai  nilai  yang sangat strategis bagi perjalanan Bangsa Indonesia ke depan. Sesuai UU No 34 tahun 2004 tentang TNI pasal 2 huruf d, yang menegaskan bahwa tentara profesional yaitu tentara yang terlatih, terdidik, diperlengkapi secara baik, tidak berpolitik praktis, tidak berbisnis dan dijamin  kesejahteraannya  serta mengikuti kebijakan politik negara yang menganut prinsip demokrasi, supremasi sipil, hak asasi manusia, ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi. Tidak berpolitik praktis dimaknai dengan Konsistensi Netralitas TNI yang merupakan bagian dari komitmen TNI dalam rangka ikut serta menyukseskan Pemilu/Pemilukada, dimana TNI lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dengan mengedepankan Sikap Netralitas TNI.

Lebih lanjut Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Achmad Yuliarto menegaskan  bahwa,  sosialisasi ini memiliki arti yang sangat penting bagi para prajurit jajaran Korem 161/Wira Sakti. Kegiatan ini bertujuan untuk menjamin terlaksananya pembinaan Netralitas TNI dalam Pemilu/Pemilukada satuan jajaran Korem 161/Wira Sakti, sehingga Sikap Netralitas TNI dalam Pemilu/Pemilukada dikalangan prajurit Korem 161/Wira Sakti terpelihara secara Konsisten. Adapun sasaran yang diharapkan dari pelaksanaan sosialisasi ini adalah  dapat tercapai antara lain terhindarnya Prajurit Korem 161/Wira Sakti dari kegiatan politik praktis yang berpeluang merusak Citra TNI di masyarakat,      Terwujudnya     pelaksanaan Pemilu/Pemilukada di wilayah Korem 161/Wira Sakti secara demokratis, aman dan terkendali, Terciptanya kebebasan masyarakat dalam memberikan hak pilihnya dalam pelaksanaan Pemilu/Pemilukada yang luber (langsung, umum, bebas dan rahasia) dan jurdil (jujur dan adil),  Terwujudnya Soliditas TNI dalam menjaga keutuhan NKRI dan Terpeliharanya Citra Positif TNI dalam masyarakat dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak Citra TNI terkait dengan pelaksanaan Pemilu/Pemilukada.

Acara Sosialisasi berjalan tertib, lancar dan komunikatif. Para peserta sosialisasi tampak sangat antusias dan aktif mengikuti kegiatan ini. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul dari para peserta kepada pembawa materi sosialisasi. Hadir Pada acara tersebut diantaranya para Kasi Korem 161/Wira Sakti dan Para Dan/Kasatdisjan jajaran Korem 161/Wira Sakti beserta seluruh prajurit jajaran Korem 161/Wira Sakti yang berada di Kota Kupang.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Sosialisasi Netralitas TNI Korem 161/Wira Sakti Tahun 2014