Skip to main content
Berita Satuan

Teknologi Informasi Dukung Tugas Pokok TNI

Dibaca: 286 Oleh 28 Mar 2014Tidak ada komentar
TNI Angkatan Darat
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

RABU, 26 MARET 2014 – 13:10, Jakarta, Seruu.com – Asisten Komunikasi dan Elektronika (Askomlek) Panglima TNI Marsda TNI B. Agus Margono secara resmi membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Informasi dan Pengolahan Data (Infolahta) TNI di Aula Gatot Subroto Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Rabu (26/3/2014).

Rakornis Infolahta yang mengambil tema “Kita Tingkatkan Profesionalisme Infolahta TNI Guna Mewujudkan Interoperabilitas Teknologi Informasi Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”, bertujuan  untuk meningkatkan peran dan fungsi Infolahta dalam memberikan dukungan bidang teknologi informasi pada setiap strata organisasi TNI.

Peserta Rakornis Infolahta berjumlah 67 orang, terdiri dari; Mabes TNI 27 orang, TNI AD 19 orang, TNI AL 9 orang, TNI AU 8 orang, Kemhan 3 orang dan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) satu orang.

Askomlek Panglima TNI dalam sambutannya mengatakan bahwa, melalui Rakornis ini dapat menyatukan visi dan misi, sehingga terjalin suatu sinergitas sesama komunitas teknologi informasi di lingkungan TNI dalam mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi melalui peningkatan sumber daya manusia yang profesional.

Baca juga:  Panglima TNI : Kaderisasi di Lingkungan TNI Demi Keberlangsungan Organisasi

“Hal yang perlu diperhatikan adalah upaya meningkatkan profesionalisme di bidang teknologi informasi melalui penataan organisasi, penyiapan sumber daya manusia, penyusunan piranti lunak sebagai pedoman kerja”, kata Askomlek Panglima TNI.

Lebih lanjut Marsda TNI B. Agus Margono menekankan, untuk mencapai hal tersebut, maka sumber daya manusia perlu dikelola dan dibina secara terus-menerus. “Hal ini menjadi prioritas mengingat masih sangat terbatasnya personel yang menguasai teknologi informasi”, ujarnya.

“Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan diantaranya tenaga programmer, system analys, teknisi komputer, jaringan komputer dan sistem pengamanan”, tambahnya.

 Sementara itu, Kapusinfolahta TNI Marsma TNI Ir. M. Agus Mustofa, M.Sc., menyampaikan bahwa Pusinfolahta TNI telah menggelar fiber optic sebagai backbone untuk jaringan LAN di lingkungan Mabes TNI yang meliputi Link Pusinfolahta TNI ke lingkungan Mabes TNI.  “Backbone tersebut, dapat mendukung berbagai aplikasi dan layanan teknologi informasi yang dibutuhkan Mabes TNI saat ini dan mendatang”, harapnya.

Disampaikan pula oleh Kapusinfolahta bahwa pada tahun 2013 Pusinfolahta TNI telah membangun data center Mabes TNI, sebagai tempat penyimpanan server, sistem komputer dan  data didukung dengan sistem pengamanan secara fisik maupun non fisik. [Badar/Irm]

Baca juga:  Membanggakan, Pratu M Ady Saputra Juara-2 Marathon Borobudur Run

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel