TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Upaya Meningkatkan Penegakan Hukum Di Wilayah Papua

By 12 Mar 2014 17:02Kodam XVII/Cenderawasih
Upaya Meningkatkan Penegakan

Silaturahmi yang dilaksanakan oleh Wakil Kepala Pengadilan Militer Utama Mahkamah Agung (Waka Dilmiltama) Brigjen TNI (K) A. Putu Oka Dewi Iriani, S.H., M.H., ke Kodam XVII/Cenderawasih diterima langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Drs. Christian Zebua M.M., di ruang kerja Pangdam.

Rombongan yang dipimpin oleh Waka Dirmiltama berkesempatan untuk bersilaturahmi dengan Pangdam. Upaya ini merupakan kerjasama dalam bidang penegakan hukum yang selama ini sudah terbina dengan baik antara Kodam XVII/Cenderawasih dengan Pihak Dirmil dalam pemecahan masalah khususnya penegakan hukum yang selama ini terjadi di wilayah Papua.

Pangdam mengungkapkan trans building yang dilakukan selama ini oleh Kodam XVII/Cenderawasih merupakan upaya dalam mengatasi pelanggaran HAM yang terjadi. Begitu pesatnya pemberitaan dimedia yang selama ini berkembang. Kemudian ditegaskan mengenai penanganan kepada kelompok separatis bersenjata yang selama ini mengganggu masyarakat malah berbalik menjadi pelanggaran HAM. Sementara Kodam dalam melaksanakan tugasnya mengacu pada konteks “Tertib Sipil” sekarang ini. Penegak hukum sebagai suatu upaya dalam pelaksanaan penegakan hukum yang dapat dipertanggungjawabkan berkaitan terhadap adanya kepastian hukum dalam sistem hukum yang berlaku pada Prajurit, juga berkaitan dengan kemanfaatan hukum dan keadilan bagi masyarakat. Proses penegakan hukum memang tidak dapat dipisahkan dengan sistem hukum itu sendiri.

Dalam kunjungan tersebut rombongan mengucapkan terima kasih kepada Pangdam atas kerjasama yang sudah berjalan selama ini dalam penegakan hukum di wilayah Papua terutama di Kodam XVII/Cenderawasih, sudah berjalan transparan dengan masyakat yang terjalin selama ini.

Turut hadir dalam acara tersebut Kolonel Laut Bambang AW, S.H., M.H., Letkol Priyo Mustiko, S.S.H. dan Letkol Laut (KH) Maryanto, S.H.

 

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kostrad Kodam IV/Diponegoro Tips Kesehatan Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Upaya Meningkatkan Penegakan Hukum Di Wilayah Papua