TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

212 SERSAN TARUNA AKMIL BERHAK MEMAKAI BREVET PRAMUKA YUDHA

By 11 Apr 2014 23:46Akademi Militer
AMN_4560

Lembah Tidar (10/04), Latihan Pramuka Yudha Taruna Akmil tingkat II, secara resmi ditutup Gubernur Akademi Militer Mayor Jenderal TNI Sumardi yang bertindak  sebagai Inspektur Upacara (Irup), Kamis (10/04). Upacara dilaksanakan di Pantai Celong Buntusari, Weleri, Batang. Upacara penutupan latihan Pramuka Yudha ini ditandai dengan pemasangan Brevet Pramuka Yudha oleh Gubernur Akmil secara simbolik kepada perwakilan 1 orang Taruna terbaik, dilanjutkan dengan pemasangan Brevet Pramuka Yudha kepada para Taruna lainnya oleh para tamu undangan.

Rasa haru dan keceriaan tampak pada wajah para Taruna seusai disematkannya Brevet Pramuka Yudha. Para Taruna selanjutnya berhak menggunakan Brevet Pramuka Yudha yang merupakan hasil implementasi olah yudha dari seorang Taruna, symbol kebanggaan sebab untuk mendapatkannya bukan hal yang mudah. Berbagai materi taktik dan tehnik pertempuran yang dihadapkan pada berbagai kesulitan dan tantangan alam, serta medan yang bervariasi kesiapan mental dan fisik sangat diperlukan. Dalam latihan yang dilaksanakan selama kurang lebih 10 (sepuluh) hari, mulai dari tanggal 1 s.d 10 April 2014, setiap Taruna memperoleh materi tehnik dasar bertempur, ilmu medan, tehnik bertempur (hutan gunung) dengan materi serangan, pertahanan, patroli keamanan, patroli penghadangan, patroli pengintaian, patroli penyergapan dan survival, long march, renang ponco, patroli penyergapan di pantai. Para Taruna tidak dilatih di kasur empuk dengan embusan angin yang sepoi-sepoi, melainkan mereka ditempa diatas batu karang tajam, terik sinar matahari dan dibawah siraman air hujan. Penggodokan tersebut agar kelak mereka menjadi seorang prajurit yang tangguh, terampil dan pantang menyerah.

Dalam sambutannya Gubernur berharap, agar para Taruna seluruhnya dapat mengerti dan menguasai semua materi tersebut, baik tingkat perorangan, kelompok maupun tingkat regu, sehingga dapat meningkatkan kemampuan kepemimpinan lapangan dan naluri tempur para Taruna. Latihan Pramuka Yudha yang telah diikuti ini merupakan  materi mutlak yang harus dikuasai sebagai bekal bagi seorang Perwira dengan jabatan Komandan setingkat Peleton di lingkungan satuan TNI Angkatan Darat. Sebab, untuk dapat memimpin satuan setingkat peleton, pemimpin harus menguasai pengetahuan tentang tugas-tugas satuan dibawahnya, dari tingkat Komandan Regu sampai dengan penembak senapan, sehingga sebagai seorang Danton di satuan kelak, dapat dijadikan sebagai guru, narasumber dan tempat bertanya bagi anak buah.

Ucapan khusus juga diberikan kepada Pejabat Muspika Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang dan jajarannya serta seluruh masyarakat Kecamatan Gringsing, atas nama seluruh Warga Akademi Militer mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dukungan dan bantuannya sehingga latihan Pramuka Yudha ini dapat berjalan dengan baik dan aman.

Upacara ini, dihadiri oleh Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Sumedy, S.E., Para Pejabat Distribusi Akmil, Para Pejabat Muspika Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang dan jajarannya, Para Perwira, Pelatih, Pengasuh dan Pendukung latihan, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Akmil beserta Pengurus, Segenap masyarakat yang berada Kecamatan Bantir dan Weleri serta para Taruna Akmil tingkat II/ Sersan Taruna.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

212 SERSAN TARUNA AKMIL BERHAK MEMAKAI BREVET PRAMUKA YUDHA