TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrem Berikan Ilmu Dasar Intelijen Kepada Pemuda Indonesia

By 25 Apr 2014 10:55Kodam II/Sriwijaya
logo-tni-ad-featured-1600×900-1

Danrem 045/Garuda Jaya Kolonel Inf Untung Budiharto bertatap muka dengan para perwakilan pemuda seluruh Indonesia sekaligus memberikan pengetahuan ilmu dasar Intelijen dalam kegiatan pendidikan kesadaran bela Negara (PKBN) pemuda angkatan XV tahun 20014 Kamis 24/04/2014 di Aula Makorem Bangka Tengah Babel.

Peserta PKBN sebanyak 100 orang para perwakilan pemuda seluruh Indonesia ini menerima berbagai ilmu dan pengetahuan selama mengikuti pendidikan kesadaran bela negara di Makorem 045/Gaya tidak ketinggalan juga dibekali ilmu dasar pengetahuan Intelijen yang diberikan langsung oleh Komandan Korem.

Pelajaran dasar intelijen ini sangat menarik bagi para siswa PKBN yang ingin mengetahui apa sebenarnya Intelijen dan peran/fungsi serta tugas-tugasnya didalam maupun diluar negeri yang dijelaskan oleh Danrem secara rinci..

Apalagi dalam pelajaran ini juga diputarkan film oleh suatu negara tertentu untuk menangkap musuh negaranya yang dimulai dari perintah dari pimpinan, introgasi, bagaimana mendapatkan informasi dan teknik penjejakannya suatu sasaran

Selanjutnya laporan informasi yang didapat kepada Presiden kemudian merencanakan penyiapan operasi sampai pemasangan alat ataupun matriil khusus yang dimiliki satuan intelijen yang dibutuhkan hingga musuh tertangkap atau terbunuh.

Lebih lanjut Kolonel Untung Budiharto menjelaskan Fungsi Intelijen sebagai Pengamanan, penggalangan dan penyelidikan, diantaranya juga sebagai sebagai badan pengumpul  keterangan..

Intelijen juga dibagi menjadi Intelijen Strategis dan Intelijen Taktis, Intelijen Strategis meliputi unsur geografi, sejarah, politik, ekonomi dan sosial budaya juga ilmu pengetahuan dan teknologi.

Juga Tranportasi ataupun telekomunikasi, biografi dan Militer Angkatan bersenjata, sedangkan unsur intelijen taktis meliputi cuaca, medan dan musuh. Yang telah di jelaskan secara singkat padat dan mudah dimengerti oleh para peserta PKBN ini yang telah di jelas kan oleh orang nomor satu di Korem 045/Gaya ini.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danrem Berikan Ilmu Dasar Intelijen Kepada Pemuda Indonesia