TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Direktorat Pajak Sosialisasi e-Filing Di Akmil

By 02 Apr 2014 18:33Akademi Militer
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Lembah Tidar (27/3).  Kakanwil Direktorat Jenderal Pajak Jateng II Drs. Yoyok Satyotomo,MA beserta rombongan memberikan sosialisasi tentang pengisian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dengan e-Filing yang berlangsung selama 30 menit di gedung Nasution Akmil kepada Organik Akmil baik militer mapun PNS.  Gubernur Akmil Mayjen TNI Sumardi sangat mengapresiasikan  penggunaan e-Filing karenamerupakan suatu cara penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak yang dilakukan melalui sistem on-line dan real time dengan menggunakan jalur internet.  “Oleh karena itu Gubernur berharap sosialisasi pengisian SPT tahunan tersebut semakin menanamkan kesadaran wajib pajak setiap prajurit agar sebagai bhayangkari dan abdi negara dapat menjadi pelopor wajib pajak yang baik dan menjadi contoh kepada masyarakat wajib pajak”, imbuhnya.

Selanjutnya Kakanwil Direktorat Jenderal Pajak Jateng II Drs. Yoyok Satyotomo, MA dalam sambutannya juga menyampaikan rasa hormat dan terimakasih kepada Gubernur Akmil karena telah memberikan kesempatan untuk dapat mensosialisasikan pengisian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi melalui e-Filling.  e-Filing merupakan paradigma baru  untuk menghemat penggunaan kertas yang telah melenyapkan15 juta hektar hutan dan 1/3 RD akan ditebang termasuk pengembalian pajak untuk kertas sendiri dengan lebih dari 115 miliar lembar kertas yang hanya digunakan untuk percetakan. Jadi bagaimana supaya hutan Indonesia dapat dilindungi? ”Hanya dengan adanya program e-Filing akan menghentikan semuanya itu.” Sahutnya.

e-Filing akan semakin memudahkan laporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi hanya dengan tiga langkah yaitu: Pertama, mengajukan permohonan e-PIN; Kedua, mendaftarkan diri; dan Ketiga, menyampaikan SPT Tahunan. Akses tersebut telah mampu mengurangi penggunaan kertas yang digunakan sebanyak 18 %, dan setidaknya mampu mengurangi penggunaan kertas pertahun sebanyak 20.70 miliar yang merupakan upaya sederhana mengurangi penggunaan kertas. Hanya dengan mengakses website efiling.pajak.co.idproses laporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi wajib pajak langsung terealisir tanpa antri dan tanpa biaya.

Pada akhir sosialisasi, Gubernur Akmil Mayjen TNI Sumardi berkesempatan untuk pertamakali mewakili seluruh organik Akmil mengisikan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi melalui e-Filing dengan disambut tepuk tangan yang meriah dari seluruh Organik Akmil yang hadir.  Acara dilanjutkan dengan ramah-tamah bersama rombongan pegawai pajak dan para awak media yang hadir meliput kegiatan tersebut.  Hadir dalam acara sosialisasi, Danmentar Akmil, Wadirbinlem, Kadepmilum, dan Kadepmildas Akmil serta jajaran distribusi Akmil.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Direktorat Pajak Sosialisasi e-Filing Di Akmil