TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Geladi Peta, Medan, Model dan Aplikasi Nikgarlat Oleh 223 Taruna Tingkat III

By 17 Apr 2014 07:30Akademi Militer
gladi peta akmil

Lembah Tidar (14/4), Pelaksanaan latihan geladi peta, medan, model, dan Aplikasi Nikgarlat (Teknik Penyelenggaraan Latihan), diikuti oleh 223 Taruna  Akmil tingkat III. Latihan dipimpin oleh Komandan Latihan Letkol Inf Imam Wahyudi bertempat di Kelas “B” Akmil, didukung oleh 30 Gumil dan Pelatih dari Depmilum dan Resimen Taruna.

Geladi yang dilaksanakan merupakan aplikasi pengetahuan di bidang taktik melalui latihan Drill Teknis Niksarpur (Tehnik Dasar Tempur).Tujuan Latihan ini untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan latihan tingkat perorangan dan mengembangkan kemampuan di bidang teknik dan taktik tempur.  Sebagai seorang komandan maupun seorang perwira Staf geladi Peta, Model dan Medan bidang taktik dan Dinas staf harus mampu dikuasainya dengan baik, karena merupakan rohnya dari seorang militer dalam menghadapi musuh di medan pertempuran.

Geladi kali ini diberikan  dan dilatihkan secara khusus kepada Taruna tingkat III Sermadatar dalam rangka memantapkan pengetahuan akan ilmu-ilmu dasar kemiliteran dengan baik khususnya menyangkut Serangan dan Pertahanan.  Secara kualitatif sasaran latihan ini adalah yang pertama, agar Taruna memahami dan mampu mengaplikasikan pengetahuan teknik dan taktik bertempur serta ilmu medan di atas peta dengan benar. Kedua, memahami dan mampu mengaplikasikan pengetahuan teknik dan taktik bertempur serta ilmu medan di atas model/ maket dengan benar. Ketiga, memahami dan mampu mengaplikasikan pengetahuan teknik dan taktik bertempur serta ilmu medan di medan yang sesungguhnya dengan benar. Keempat, memahami dan mampu mengaplikasikan keterampilan teknik dalam Drill teknis Niksarpur dengan benar.

Oleh karena itu, setiap Taruna yang kedepan sebagai komandan Peleton wajib melatih dan mengasah naluri tempurnya secara baik dan benar.  Kondisi tersebut menjadi modal dasar untuk cakap memimpin anggotanya dalam melaksanakan setiap tugas operasi maupun tugas-tugas melawan insurgensi  dan infilterasi musuh.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Geladi Peta, Medan, Model dan Aplikasi Nikgarlat Oleh 223 Taruna Tingkat III