TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasdam IM Buka Sosialisasi Aplikasi Penyusunan RKA

By 21 Apr 2014 20:06Kodam Iskandar Muda
DSC_1209

Kepala staf Kodam Iskandar Muda (Kasdam IM) Brigjen TNI Purwadi Mukson, S.IP membuka acara pemutakhiran data dan sosialisasi aplikasi dalam rangka penyusunan rencana kerja dan anggaran Kodam Iskandar Muda Ta. 2015 di Aula Balai Teuku Umar (BTU) di hadiri oleh Danrem 011/LW dan 012/TU. Senin (21/4).

Dalam arahannya Kasdam IM mewakili Pangdam IM menyampaikan kepada peserta yang baru pertama mengikuti penyusunan RKA akan memperoleh pengetahuan teknis tentang proses dan mekanisme pengajuan usulan kegiatan/proyek melalui program aplikasi komputer, demikian halnya bagi peserta yang sudah pernah mengikuti sosialisasi ini, merupakan penyegaran kembali atas pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki sebelumnya.

Selama 2 hari para peserta sosialisasi secara langsung akan dibimbing oleh tim dari Mabesad untuk mendapatkan pengetahuan tentang rencana kerja dan anggaran secara teori serta praktek. Dengan alokasi waktu yang singkat, diharapkan peserta dapat menguasai secara utuh semua materi yang diberikan, sehingga materi yang diperoleh akan dapat digunakan sebagai bekal dalam menyusun rencana kerja dan anggaran satuan masing-masing.

Lebih lanjut Kasdam menyampaikan sosialisasi ini sangat penting dan merupakan sebuah proses serta mekanisme yang harus dilaksanakan, sebelum usulan rencana kerja dan anggaran diajukan ke komando atas. Melalui kegiatan ini para peserta akan dilatih dan diajari untuk menyajikan data sehingga pimpinan bisa melihat kegiatan yang akan dilaksanakan selama satu tahun anggaran berikutnya. Rencana kerja dan anggaran harus disusun secara benar dan valid sesuai kebutuhan dan program yang akan datang dengan tetap mengacu kepada ketentuan sistem administrasi yang berlaku.

Administrasi perencanaan sangat mempengaruhi kelancaran penyusunan dan pemutakhiran rencana kerja dan anggaran. Kemampuan administrasi dalam aplikasi penyusunan anggaran merupakan salah satu faktor dalam membentuk manajemen organisasi yang profesional, efektif dan efisien. Hal tersebut akan dapat diwujudkan apabila organisasi diawaki oleh prajurit yang cerdas, disiplin, terlatih dan terampil pada bidangnya masing-masing, ‘Tegas Kasdam IM’.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasdam IM Buka Sosialisasi Aplikasi Penyusunan RKA