TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KORAMIL 0402-03/SUNGAI MENANG ADAKAN SOSIALISASI PENANGGULANGAN BAHAYA KEBAKARAN HUTAN

By 04 Apr 2014 23:50Berita Satuan
KEBAKARAN2

 

Dengan maraknya kebakaran lahan/hutan yang mengakibatkan kabut asap dibeberapa wilayah di pulau Sumatera yang disebabkan kebakaran lahan oleh beberapa orang masyarakat, untuk mengatisipasi hal tersebut terjadi diwilayah Kerja kodim 0402/OKI, maka Kodim 0402/OKI menyiapkan satuan Koramil jajarannya untuk mengantisipasi hal tersebut dengan melaksanakan sosialisasi penanggulangan kebakaran lahan agar tidak menyebabkan kabut asap yang tebal dan dapat mengganggu kesehatan maupun keselamatan dalam berlalu lintas, salahsatu Koramil yang melaksanakan kegiatan sosialisasi penanggulangan kebakaran hutan dilaksanakan oleh Koramil 0404-13/Sungai Menang dipimpin oleh Danramil 402-13/Sungai Menang Kapten Inf Zainuri melaksanakan sosialisasi penanggulangan bahaya kebakaran hutan di PT. BMH Desa Srigading Kec. Sungai Menang yang diikuti 50 orang dengan menghadirkan nara sumber dari Dishut, BPBD, BLH dan Nanggala Agni Kab OKI, begitu pula satuan Koramil 0402-02/Pedamaran dipimpin oleh Danramil 402-02/Pedamaran Kapten Inf Syafarudin beserta para Babinsa melaksanakan pembinaan dan simulasi pemadaman kebakaran diikuti pula oleh 52 staf dan non staf yang tergabung dalam Tim Kesiapan Tangap Darurat (TKTD) PT. Tempirai Palm Resources (TPR) di Kec. Pedamaran Timur, dengan skenario sabagi berikut :

Sesuai infomasi dari menara pantau api di lapangan diinformasikan ada titik api di areal kebun ditemukan titik api di areal yang diduga dari loncatan api dari sekitar areal, kemudian ditemukan 3 titik api dengan potensi yang membahayakan, dengan jarak titik api dari pos komando diperkirakan 2 KM dari jalan darat dan 1 KM dari jalan air, perlu dikirimkan 3 tim pengendali kebakaran, diinformasikan ke pusat pengendalian informasi (kantor central TPR), Informasi diteruskan ke Tim Pengendali Pemadaman dan Tim Suporting, Setelah dikomunikasikan maka dikirimkan tim pengendali 1 via jalan darat dengan mobil singel cabin dan tim pengendali 2 mengunakan jalur air dengan menggunakan ketek, Tim ke 3 dengan berjalan kaki menyisir areal sekitar titik api sehingga diturunkan juga Tim GPS untuk mengetahui koordinat titik api sehingga dengan kesigapan TKTD api dapat dipadamkan dan tidak sampai meluas.

Bapak Teguh Hendra Purnama (Pimpro PT. TPR) mengucapkan terima kasih kepada Dandim 0402/OKI Letkol Inf M. Arif Suryandaru yang mana telah mengirimkan anggotanya untuk membina dan melatih TKTD PT. TPR, sehingga hasil pelatihan ini dapat diimplentasikan apabila terjadi kebakaran lahan. Dandim 0402/OKI menghimbau kepada semua pihak agar dalam membuka lahan jangan mengunakan cara membakar karena ini dapat membahayakan apa lagi didaerah kita lahannya bergambut dan berharap perusahan perkebunan yang ada menyiapkan tim tangap darurat bahaya kebakaran.

 

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam II/Sriwijaya Puspen TNI Kodam V/Brawijaya Kodam IX/Udayana Kodam IV/Diponegoro Kodam XVII/Cenderawasih
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KORAMIL 0402-03/SUNGAI MENANG ADAKAN SOSIALISASI PENANGGULANGAN BAHAYA KEBAKARAN HUTAN