TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Korem Gelar Latihan Transfer Of Training Binter

By 02 Apr 2014 19:10Kodam II/Sriwijaya
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Korem 045/Garuda Jaya melaksanakan pelatihan Transfer Of Training (TOT) Binter tahun 2014 yang dibuka langsung oleh Danrem 045/Garuda Jaya Kolonel Inf U Budiharto di Aula Makorem, Selasa (1/4).

Kegiatan ini akan berlangsung selama lima hari yang ditujukan kepada seluruh Komandan Koramil (Danramil). Para perwira seksi (Pasi) Kodim 0413/Bangka maupun Kodim 0414/Belitung, para Kasdim dan Kepala Badan pelaksana jajaran Korem 045/Garuda Jaya serta seluruh Perwira di lingkungan  Makorem.

Pelatihan ini dilaksanakan untuk membentuk Perwira Kader pelatihan pembinaan teritorial ditingkat Korem dan sekaligus memantapkan pemahaman serta implementasi penyelenggaraan pembinaan teritorial (Binter) bagi satuan komando kewilayahan di jajaran Korem 045/Gaya.

Danrem dalam kesempatan tersebut mengatakan pemberdayaan wilayah pertahanan darat merupakan tugas pokok TNI AD yang tercantum dalam UU RI nomor 34 tahun 2004 tentang TNI.

Implementasi dari pemberdayaan wilayah pertahanan darat dilaksanakan melaui metoda pembinaan Teritorial (Binter) yang dilaksanakan oleh Satuan Komando Kewilayahan mulai dari tingkat Kodam, Korem hingga ke satuan paling bawah Koramil.

Berdasarkan hasil evaluasi yang dilaksanakan selama ini disadari bahwa kemampuan aparat teritorial dalam melakasanakan pembinaan teritorial masih belum optimal sehinnga perlu diselenggarakan Transfer of training Binter sebagai salah satu kebijakan program latihan Satkowil dalam pembinaan kemampuan teritorial.

Kegiatan ini juga untuk menjawab permasalahan terkait minimnya alokasi pendidikan formal di  bidang teritorial secara terpusat, kurangnya tenaga pelatih Binter dijajaran Satkowil serta rendahnya sumber daya manusia Apkowil.  Jelas Danrem.

Melalui kegiatan transfer of training Binter ini Kolonel Untung Budiharto berharap dapat memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan serta menyiapkan Perwira Satkowil sebagai pelatih kader Binter dalam melaksanakan pelatihan Binter secara tersebar di Kodim Bangka maupun Kodim Belitung  jajaran Korem 045/Gaya.

Adapun sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah terbentuknya kader pelatih Binter yang memahami dan mampu melatihkan sikap teritorial dan lima kemampuan teritorial.

Selain itu sasaran ini dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas selaku aparat komando kewilayahan  dan mampu memberikan penyuluhan tentang netralitas TNI dalam Pemilu serta prosedur penanggulangan bencana alam dan komunikasi publik dalam implementasinya dilapangan. Tegas Danrem.

Sebelum mengakhiri amanat Danrem mengingatkan kembali kepada para Komandan Koramil jajaran Korem 045/Gaya “Danramil ini memiliki tugas menyiapkan potensi wilayah menjadi kekuatan wilayah dengan memanfaatkan sumber daya alam, sumber daya manusia dan sumber daya buatan tapi ingat sumber daya manusia itu yang paling penting papar Danrem

Indikasi keberhasilannya membina sumber daya manusia yang paling penting terpeliharanya kemanunggalannya TNI dengan masyarakat dengan melalui tiga metoda binter yang pertama komonikasi sosial, bhakti TNI dan pembiaan ketahanan wilayah (bintahwil) jelas Danrem

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Korem Gelar Latihan Transfer Of Training Binter