TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kowil Bina Kegiatan Pramuka di Masing-Masing Wilayah Tugasnya

By 29 Apr 2014 11:09Kodam III/Siliwangi
email2

Sebanyak 130 peserta terdiri dari para Kasdim, Kasiter Korem, Pasiter Kodim, dan pejabat Pembina Pramuka Saka Wira Kartika Jajaran Kodam III/Siliwangi mengikuti Sosialisasi Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika di Aula Manunggal Denma Kodam III/Siliwangi Jalan Kalimantan No 14 Bandung, Senin (28/4).

Acara Sosialisasi dibuka oleh Asisten Teritorial Kasdam III/Siliwangi Kolonel Inf Bahram. Sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Paban III/Wanwil Sterad Kolonel Arh Winarto dan Pabandya SDM Spaban III/Wanwil Sterad Letkol Czi Wakhyono.

Asisten Teritorial Kasdam III/Siliwangi Kolonel Inf Bahram mengatakan pembinaan Pramuka tiap Gudep di Kodam III/Siliwangi dilaksanakan ditiap Koramil dengan penyelenggaraan dilaksanakan sebulan sekali.

Diungkapkannya pada tingkat Kodim dilaksanakan evaluasi  setiap triwulan, sedangkan untuk tingkat Korem evaluasinya dilaksanakan setiap semester (enam bulan), baik untuk pembinaan maupun kegiatan Persami.

Untuk tingkat Kodam menurut Aster dilakukan Persami setahun sekali, yang diikuti perwakilan Saka Wira Kartika masing-masing Kodim dan perwakilan Saka Wira dari TNI Angkatan Udara, Angkatan Laut, Kehutanan serta Gudep Pramuka yang ada di wilayah Bandung dan Cimahi.

Aster menekankan agar para Danramil melakukan pembinaan terhadap Gudep Pramuka yang ada di sekolah-sekolah di wilayahnya masing-masing. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan pelaksanaan kegiatan pembinaan Saka Wira Kartika menjadi andalan di tingkat TNI Angkatan Darat, sekaligus juga meningkatkan pembinaan Gudep-gudep Pramuka yang ada di wilayah Kodam III/Siliwangi.

Sementara itu, Paban III/Wanwil Sterad Kolonel Arh Winarto kegiatan Pramuka merupakan sarana menyiapkan kader generasi muda agar tidak menjadi generasi yang lemah, tetapi memiliki kompetensi dan karakter kuat dalam menghadapi perubahan jaman serta tantangan pembangunan bangsa.

Dikatakannya, jajaran TNI Angkatan Darat mendapat amanah untuk membina pramuka, baik dilingkungan internal Angkatan Darat maupun kegiatan kepramukaan yang ada di sekolah-sekolah. (Pendam III/Slw)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kowil Bina Kegiatan Pramuka di Masing-Masing Wilayah Tugasnya