TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Latihan Merupakan Ruh Profesi TNI

By 10 Apr 2014 17:03Kodam III/Siliwangi
latsar3

Kegiatan latihan bagi TNI merupakan ruh profesi yang harus selalu terpelihara. Dalam konteks itu anggota Penerangan Kodam III/SLW melaksanakan Latihan Perorangan Dasar (Latorsar) Umum. Latihan tersebut merupakan realisasi dari pelaksanaan Program latihan TA 2014.

Latihan Perorangan Dasar Umum berlangsung selama empat hari mulai tanggal 25 sd 28 Maret 2014, diikuti oleh 35 orang terdiri dari Pama, Bintara dan Tamtama, dilangsungkan di Aula dan lapangan sekitar Pendam III/Siliwangi, Jalan Sulawesi No. 3 Bandung.

Tujuan dari latihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dasar perorangan anggota Prajurit Pendam dalam rangka membentuk prajurit yang profesional yang ditandai dengan dipahami dan dimilikinya kemampuan dasar perorangan sebagai prajurit TNI Angkatan Darat.

Untuk menunjang kemampuan yang diharapkan tersebut materi latihan yang diberikan terdiri dari teori dan praktek lebih difokuskan pada pengetahuan dan keterampilan dasar bagi prajurit antara lain  pengetahuan senjata ringan (Pengjatri) SS-1 dan Pistol FN-46, Pionir merupakan kemampuan membuat macam-macam simpul, sosok dan jerat serta ikatan, Perintah Operasi Serangan yang difokuskan pada cara memberikan perintah operasi.

Selain itu, diberikan juga materi tentang Teknik Pertempuran Dasar (Nikpursar) yang terdiri dari teknik bergerak lompat katak, serangan patroli; Komunikasi Radio meliputi bongkar pasang radio PRC dan cara menerima dan mengirim berita serta materi Navigasi Darat.

Untuk mengukur tingkat keberhasilan pemahaman terhadap materi Latorsar yang telah diberikan tersebut, pada hari terakhir semua peserta melaksankan Uji Keterampilan perorangan. (Pendam III/Slw)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Latihan Merupakan Ruh Profesi TNI