TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Mentan: Kementan bisa libatkan TNI untuk berantas hama

By 25 Apr 2014 11:29Kliping
logo-tni-ad-featured-1600×900-1

Kamis, 24 April 2014 12:46, Merdeka.com – Hama, menjadi salah satu permasalahan petani dalam produktivitas beras. Gara-gara hama juga, gagal panen pun bisa terjadi. Karena itu, dibutuhkan pihak yang bisa membantu petani dalam memberantas hama.

Menteri Pertanian, Suswono mengatakan, aparat TNI juga bisa membantu petani dalam memberantas hama yang mengganggu tersebut.

“Kementan bisa melibatkan TNI untuk memberantas hama. Karena bagian dari TNI selain berperang, ya mengayomi masyarakat dalam hal ini petani” kata Mentan, dalam acara pembukaan rapat kerja pemantapan P2BN di Tanggerang, Banten, Rabu (23/4).

Suswono menjelaskan tugas pokok TNI adalah menjaga keutuhan NKRI. Tapi apabila petani meminta bantuan kepada TNI untuk berantas hama, hal itu sah-sah saja, karena merupakan bagian dari menjaga ketahanan pangan bangsa.

“Jika perlu saya koordinasi dengan Panglima TNI untuk hal ini, karena kita butuh berbagai instansi dari berbagai elemen, termasuk TNI untuk menyukseskan program P2BN 2014 ini,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Suswono, seluruh petani harus all out (kerja keras) dalam pengendalian organisme pengganggu tumbuhan (POPT)/ hama, bekerjasama dengan pihak-pihak terkait di Dinas Pertanian.

“Jangan sungkan bila butuh aparat TNI untuk berantas hama,” pintanya. [Reporter: Dede Rosyadi & cza]

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Mentan: Kementan bisa libatkan TNI untuk berantas hama