TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam IM Lantik 289 Prajurit Tamtama

By 14 Apr 2014 08:16Berita Satuan
DSC_0049

Aceh Besar– Sebanyak 289Prajurit Tamtama dinyatakan lulus mengikuti pendidikan dasar militer sekolah calon tamtama prajurit (Secata) gelombang ll tahap I TA.2013. Ratusan prajurit yang sudah dibentuk menjadi prajurit yang terlatih itu  secara resmi dilantik oleh Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Pandu Wibowo, S.E ditandai dengan pelepasan tanda siswa dan pemasangan tanda pangkat Prajurit Dua oleh Inspektur Upacara kepada salah satu perwakilan siswa terbaik di lapangan Resimen Induk Kodam Iskandar Muda (Rindam IM) Mata’ie, Sabtu (12/4).

Pangdam IM menyampaikan kepada Tamtama Remaja dapat memahami bahwa terhitung masuk menjadi Prajurit TNI, maka sejak saat itu mempunyai tanggung jawab seperti yang diamanatkan undang-undang yaitu harus menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan untuk dapat mengemban tugas tersebut dengan baik. Sikap dan perilaku nyata pada saat mengikuti pendidikan lanjutan maupun pada saat bertugas nantinya, tampilkan diri sebagai seorang prajurit yang profesional, mahir dalam olah keprajuritan, memiliki disiplin tinggi, dan patuh pada norma serta etika yang berlaku di dalam kehidupan militer.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan pengetahuan dan keterampilan yang telah diterima selama mengikuti pendidikan pertama merupakan dasar yang harus terus diasah, dikembangkan dan ditingkatkan, karena mengabdi di angkatan darat membutuhkan kondisi fisik yang prima, mental yang baik, pengetahuan dan keterampilan yang memadai serta pribadi yang dapat dijadikan contoh teladan baik di lingkungan tugas maupun di tengah-tengah masyarakat dan perlu dipahami bahwa seorang tamtama merupakan pelaksana yang dituntut memiliki kemampuan militer umum serta kemampuan militer khusus sesuai bidang tugas masing-masing. Dengan demikian, maka para tamtama remaja merupakan personel yang menentukan dalam keberhasilan pelaksanaan tugas di lapangan.

Turut hadir pada acara ini Brigjen Pol Endang Sunjaya MH, Irdam IM, para Asisten Kasdam IM, para Komandan Satuan dan para Kabalak satuan jajaran Kodam IM serta para orang tua dan anggota keluarga para mantan siswa Secata PK. Nantinya, para lulusan Secata ini akan mengikuti pendidikan pada tahap ke II dikecabangan masing-masing.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam IM Lantik 289 Prajurit Tamtama