TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pembukaan Sosialisasi Lomba Binter Tingkat Kodim XIX TA. 2014

By 16 Apr 2014 08:22Kodam IX/Udayana
dam 9 x

Ketua Tim sosialisasi Kolonel Inf Wahyudi, M.Si. beserta rombongan dari Pusterad tiba di Makodam IX/Udayana untuk memberikan pembekalan dalam rangka menghadapi lomba Binter Tingkat Kodim XIX tahun 2014 yang dibuka Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Made Datrawan Mewakili Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya, Senin (14/4) di Barak Siaga Makodam IX/Udayana.

Pangdam dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Aster Kasdam menyampaiakan selamat datang kepada Tim dan seluruh peserta sosialisasi. pangdam berharap mudah-mudahan acara sosialisasi ini dapat berjalan dengan baik sehingga mencapai tujuan dan sasaran yang diinginkan selanjutnya pangdam menyampikan bahwa Implementasi dari pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui Pembinaan Teritorial dilaksanankan oleh Satuan Komando Kewilayahan dan Satuan Non Komando Kewilayahan. Binter dijadikan Fungsi Utama TNI Angkatan Darat dengan tujuan untuk mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan Pertahanan Negara (Hanneg) di darat serta mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Sebagai fungsi utama, Binter memiliki peran yang sangat penting sebagai katalisator antara masyarakat dengan pemerintah. Aparat Teritorial yang mengawaki Binter harus memiliki keterampilan yang dapat diaplikasikan di lapangan dalam setiap pelaksanaan tugas yang diberikan oleh pimpinan atau Komando Atas. Hal ini dimaksudkan agar setiap kegiatan yang dilakukan lebih bernilai atau bermanfaat bagi terciptanya situasi yang kondusif.  Salah satu upaya penyiapan aparat Komando Kewilayahan adalah dengan cara melakukan kompetisi antara Satuan Komando Kewilayahan di jajaran TNI Angkatan Darat. Kompetisi tersebut diantaranya melalui Lomba Binter Tingkat Kodim sebagaimana yang akan kita laksanakan.

Selanjutnya Pangdam dalam amanat tertulisnya menyampaikan Lomba yang mengangkat tema “Melalui Lomba Binter Tingkat Kodim XIX TA. 2014-2015 Kita Tingkatkan Peran Satuan Komando Kewilayahan Guna Mewujudkan Transformasi Binter dalam rangka Mendukung Tugas Pokok TNI Angkatan Darat” ini memiliki nilai positif karena selain untuk meningkatkan kualitas prajurit juga secara langsung akan menumbuhkan kebanggaan terhadap satuannya. Agar pelaksanaan Lomba Binter tingkat Kodim nanti dapat berjalan sesuai dengan harapan kita semua, maka sebelumnya diadakan sosialisasi seperti ini. Sosialisasi dari Tim Pusterad pada intinya akan memberikan pengarahan tentang pokok-pokok penyelanggaraan Lomba Binter nanti.

Hadir pada acara tersebut diantaranya para pejabat territorial masing masing HKodim dan Korem jajaran Kodam IX/Udayana beserta perwakilan anggota yang berjumlah 55 orang. Acara berlangsung tertib dan lancar.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pembukaan Sosialisasi Lomba Binter Tingkat Kodim XIX TA. 2014