TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PENERIMAAN DAN PELEPASAN SATGAS PAMTAS RI-PNG YONIF 515/UTY, YONIF 623/BWU, YONIF 642/KPS SERTA YONIF 126/KC

By 04 Apr 2014 22:27Kodam XVII/Cenderawasih
foto 1

Jayapura (02/04). Pangdam XVII/Cenderawasih yang diwakili oelh             Irdam  XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Iskandar M. Munir, M.Soc. Sc menerima dan melepas Satgas Pamtas RI-PNG di wilayah Kolakopsrem 172/PWY pada Rabu 2 April 2014 bertempat di Lapangan Yonif 751/R.  Yonif 623/BWU dan Yonif 515/UTY akan bertugas di bumi Cenderawasih sebagai Satgas Pamtas di wilayah Keerom menggantikan Yonif 642/KPS dan Yonif 126/KC yang telah selesai melaksanakan tugas sebagai Satgas Pamtas di wilayah Keerom dan akan kembali ke Home Basenya masing-masing. Perlu diketahui bahwa penugasan Satgas Pamtas setiap 6 bulan sekali diadakan Rolling secara bergantian hal ini dimaksudkan agar prajurit yang melaksanakan tugas Satgas Pamtas tetap fresh dan tidak mengalami kejenuhan, sehingga dalam menjalankan tugas di lapangan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Sebelum memasuki pos-pos Pamtas Satgas 623/BWU dan Satgas 515/UTY akan mendapatkan pembekalan terlebih dahulu tentang situasi Papua secara umum maupun secara khusus baik geografi, demografi maupun kondisi sosial, sehingga dalam melaksanakan tugas di lapangan nantinya bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan di sekitar tempat penugasanya. Pembekalan diberikan oleh Pangdam XVII/Cenderawasih selaku Pangkoops dan Danrem 172/PWY selaku Dankolakops Rem 172/PWY serta dari Pemda Keerom. Setelah selesai mendapatkan pembekalan-pembekalan Satgas Pamtas tersebut baru masuk ke pos-pos yang telah ditentukan oleh Komando atas untuk melaksanakan tugas Pamtas RI-PNG di wilayah sesuai pembagian tugas masing-masing.

Sementara itu Satgas Yonif 642/KPS dan Yonif 126/KC akan meninggalkan Bumi Cenderawasih karena telah selesai melaksanakan tugas sebagai Satgas Pamtas di wilayah Kolakopsrem 172/PWY.

Pangdam XVII/Cenderawasih dalam amanatnya yang di bacakan oleh Irdam XVII/Cenderawasih menyampaikan atas nama keluarga besar Kodam XVII/Cenderawasih mengucapkan Terima kasih dan penghargaan  atas segala dharma bakti yang telah diberikan selama penugasan di wilayah Papua. Hal ini patut saya sampaikan, karena selama melaksanakan tugas di wilayah Papua tidak ada pelanggaran yang dapat mempengaruhi citra TNI di Masyarakat dan para prajurit telah mengimplementasikan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI serta mampu berinteraksi langsung di lingkungan masyarakat dengan mengadakan pendekatan dan komunikasi sosial yang baik, sehingga terwujudnya situasi keamanan yang kondusif.

Apa yang kalian kerjakan selama ini, merupakan bagian dari pelaksanaan tugas negara yang tidak semua prajurit mendapatkan kesempatan, tentunya semua pihak menyadari beban tugas, tingkat kesulitan dan beratnya kondisi yang kalian alami selama menjalankan tugas di daerah ini. Meskipun demikian, saya harapkan tidak satu prajurit pun yang menepuk dada dengan keberhasilan tugas, karena prajurit TNI memang disiapkan untuk menghadapi setiap situasi dan kondisi apapun dalam rangka mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, jadikanlah pengalaman tersebut sebagai penambah motivasi dan sarana memperbaiki diri guna menghadapi tugas-tugas pada masa mendatang.

Khusus kepada Pemerintah Daerah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan semua pihak yang telah turut membantu kelancaran dan keberhasilan tugas ini saya ucapkan Terima kasih yang sebesar-besarnya, kiranya dukungan dan kerjasama yang baik ini dapat diteruskan kepada setiap Prajurit TNI yang melaksanakan tugas di daerah ini.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PENERIMAAN DAN PELEPASAN SATGAS PAMTAS RI-PNG YONIF 515/UTY, YONIF 623/BWU, YONIF 642/KPS SERTA YONIF 126/KC