Skip to main content
Berita Satuan

Prajurit TNI Konga XX-K Bantu Pemeliharaan Bandara Dungu di Kongo

Dibaca: 546 Oleh 06 Apr 2014Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

 

(Kongo, 5 April 2014). Prajurit TNI yang tergabung dalam Kontingen Garuda (Konga) XX-K/Monusco atau sering disebut dengan Satuan Tugas Kompi Zeni (Satgas Kizi) TNI yang tengah bertugas sebagai pasukan perdamaian di Republik Demokratik Kongo dibawah pimpinan Letkol Czi Nurdihin Adi Nugroho selaku Komandan Satgas (Dansatgas) mendapat tugas tambahan dari MONUSCO (Mission  De L Organisation  Des Nations Unies pour La Stabilization en Republique Demokratique du Congo) untuk membantu pemeliharaan Bandara Dungu di Kongo, Jum’at (4/4/2014).
Di samping tugas pokoknya memberi bantuan Zeni kepada Divisi Timur Monusco, Prajurit TNI Konga XX-K/Monusco yang bermarkas di Bumi Nusantara Camp, Dungu, sering mendapat tugas memberi bantuan Zeni yang dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas Monusco, khususnya di wilayah kerja Brigade Ituri yang markas besarnya berada di Bunia.
Saat meninjau di lokasi, Dansatgas Kizi TNI Letkol Czi Nurdihin Adi Nugroho mengatakan bahwa, sampai saat ini pengoperasian dan pemeliharaan Bandara Dungu di Kongo masihdikendalikan pihak Monusco. “Bandara Dungu yang memiliki landasan pacu 2.500 m, kondisinya memang belum dilapisi aspal dan masih terbuat dari tanah merah (Lemonit), tetapi sangat kuat seperti aspal”, katanya.
“Bandara Dungu mampu di pakai untuk pendaratanHercules C-130 bahkan pesawat Cargo Antonov walaupun landasan pacunya masih berupa tanah, sehingga perlu perawatan secara rutin dan itu dipercayakan kepada Kontingen Indonesia”, ujar Letkol Nurdihin.
Lebih lanjut Dansatgas mengatakan bahwa, untuk pemeliharaan secara berkala Bandara Dungu, Monusco menugaskan Satgas Kizi TNI untuk memberi bantuan Zeni berupa pemerataan dan pemadatan landasan pacu dan Taxy Way dengan menambahkanbahan lemonit serta pemerataan dan pemadatan jalan ring luarbandara yang biasa dipergunakan sebagai jalur transportasi penduduk lokal dan patroli pasukan Maroko untuk menjaga keamanan bandara dari kemungkinan adanya ganguan pihak milisi.
Sementara itu, di dalam pengerjaanya dipimpin oleh Perwira Pemelihara Airport Lettu Sus Chandra, S.T.dan di bantu oleh Praka Pujo Cahyono sebagai pengendali alat di lapangan.
Baca juga:  Jalin Kerukunan Antar Umat Beragama untuk Memperkokoh Persatuan

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel