TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI SIAP MENGAMANKAN PEMILU DI BANTEN

By 11 Apr 2014 05:04Kodam III/Siliwangi
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

 

Untuk mensukseskan rangkaian pelaksanaan Pemilu, Kepala Staf Kodam III/Siliwangi (Kasdam) Brigjen TNI Suyatno akan terus memantau perkembangan situasi keamanan dalam pelaksanaan Pemilu Caleg di wilayah Korem 064/MY dan jajarannya di provinsi Banten. Pemantauan terus dilaksanakan baik sebelum, selama, maupun setelah pelaksanaan Pemilu Caleg  yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia ini  Rabu (9/4).

Pemantauan situasi keamanan dilakukan untuk memonitor proses Pemilu dan bila terjadi hal yang tidak diinginkan terutama gangguan keamanan dapat dicegah sejak dini. Dan pada pelaksanaan Pemilu kemarin Kasdam III/Slw bersama Kapolda Banten dan unsur Muspida tingkat I provinsi Banten, langsung turun ke beberapa TPS yang ada di Serang dan Cilegon Banten yaitu TPS Karamat Watu, TPS Serdang dan TPS PCI Cilegon untuk melihat secara langsung proses pelaksanaan Pemilu Caleg dan sekaligus menjamin pelaksanaan Pemilu di Provinsi Banten berjalan kondusif.  TNI dan Polri bertekad siap mengamankan jalannya proses pesta demokrasi bangsa Indonesia ini dengan tetap memegang teguh sikap Netralitas TNI, yang  merupakan amanah dalam pelaksanaan Reformasi Internal TNI. Hal ini merupakan tuntutan professional antara lain tidak berpolitik praktis sebagaimana yang telah ditetapkan sesuai dengan UU RI nomor 34 tahun 2004 tentang TNI. Berpatokan pada UU tersebut, maka anggota TNI diharapkan benar-benar mampu menetapkan diri pada posisi netral diberbagai bidang pada setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu, baik dalam hubungan perorangan maupun satuan serta tidak terlibat dalam penyelesaian persoalan diluar kewenangan TNI sesuai dengan peran, fungsi dan tugas TNI.

Kodam III/Siliwangi telah menyiapkan satuan dan personel untuk membantu Polri di daerah dalam pengamanan Pemilu 2014 sesuai dengan peraturan dan kebijakan pimpinan Komando Atas. Korem 064/MY di provinsi Banten mendapatkan dukungan tambahan personel dari Batalyon Armed 5 Cipanas dan Batalyon Infantri 310/Kidang Kencana sejumlah 400 personel, yang ditempatkan  di wilayah Serang, Pandeglang. Lebak dan Cilegon untuk memperkuat satuan keamanan di masing – masing wilayah yang ada di provinsi Banten. Dalam turut mensukseskan pelaksanaan Pemilu, Korem 064/MY sesuai arahan dan kebijakan Komando Atas secara hierarki sampai tingkat Babinsa telah melakukan komunikasi sosial dengan para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan seluruh elemen masyarakat untuk mensosialisasikan agar  Pemilu bisa berlangsung aman dan damai serta mengajak masyarakat pemilih untuk tidak Golput.

TNI SIAP MENGAMANKAN PEMILU DI BANTEN