TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

YONKAV 8/TANK DIVIF 2 KOSTRAD CETAK PENGEMUDI RANPUR YANG HANDAL MELALUI LATIHAN MENGEMUDI RANPUR TA. 2014

By 03 Apr 2014 17:58Berita Satuan, Kliping
YONKAV 8 LATIHAN PENGEMUDI KENDARAAN TEMPUR 3-4-14 (4)

Mengemudi Ranpur merupakan salah satu kemampuan teknis kecabangan yang harus dikuasai oleh prajurit Kavaleri sesuai motto Tri Daya Cakti yang meliputi Daya Gerak, Daya Tembak dan Daya Kejut. Kemampuan mobilitas satuan yang tinggi dalam bermanuver di setiap bentuk medan pertempuran akan sangat dipengaruhi oleh keterampilan pengemudi Ranpur dalam mengawaki Alutsista Ranpur yang digunakan. Untuk itu setiap satuan Kavaleri wajib untuk senantiasa memelihara dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan mengemudi bagi prajuritnya.

Pesan inilah yang ditekankan oleh Danyonkav 8/Tank Divif 2 Kostrad dalam amanatnya pada upacara pembukaan Latihan Mengemudi Ranpur Yonkav 8/Tank TA. 2014 di daerah latihan Puslatpur 3 Kolatmar TNI AL, Grati, Pasuruan.  Latihan yang diselenggarakan mulai tanggal 26 Maret s.d 01 April 2014 ini, bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan pengemudi Ranpur yang handal dan profesional guna mendukung tugas pokok satuan. Di samping tentunya kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah positif untuk menyiapkan pengemudi Ranpur di satuan, di tengah terbatasnya alokasi peserta kursus mengemudi Ranpur yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Pusdikkav Pussenkav.

Kegiatan latihan diawali dengan materi pelajaran teori pengenalan otomotif Ranpur Tank Stormer dan Tank Scorpion serta pengenalan peralatan Ranpur Tank Stormer dan Tank Scorpion. Selanjutnya peserta latihan melaksanakan materi praktek yang meliputi persiapan mengemudi, mengemudi di jalan raya, mengemudi taktis, mengemudi malam hari dan praktek pemeliharaan selesai mengemudi. Pada akhir kegiatan latihan dilaksanakan ujian teori maupun praktek untuk mengukur hasil latihan yang dilaksanakan secara langsung oleh Tim Asnik/Penguji dari Pusdikkav Pussenkav. Dan atas ridho Tuhan YME, 46 orang Tamudi yang menjadi peserta dalam kegiatan latihan ini seluruhnya dinyatakan lulus dan berhak mengenakan brevet “Yudha Turangga Wiratama” kebanggaan prajurit Kavaleri.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

YONKAV 8/TANK DIVIF 2 KOSTRAD CETAK PENGEMUDI RANPUR YANG HANDAL MELALUI LATIHAN MENGEMUDI RANPUR TA. 2014