TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasdam IM Buka Karya Bakti TNI dan Bakti Sosial

By 13 May 2014 18:14Kodam Iskandar Muda
pengobatan masal

Kasdam IM Brigjen TNI Purwadi Mukson, SIP mewakili Pangdam IM Mayjen TNI Pandu Wibowo, SE, MM membuka Karya Bakti TNI Skala Besar Semester 1 Ta 2014 dan pengobatan massal di Desa Pulo Lamtemba Kecamatan Seulimum Aceh Besar. Senin (12/5). Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 12 hingga 26 Mei 2014.

Dua ratus delapan puluh empat masyarakat Desa Pulo Lamtemba Kecamatan Seulimum Aceh Besar mengikuti pengobatan massal yang digelar dalam pembukaan Karya Bakti Sekala Besar, sedangkan masayarakat yang mengikuti pengobatan massal dari 284 orang yang berobat  yaitu 13 orang suntik KB dan 271 orang umumnya terkena penyakit kulit.

Pangdam IM Dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasdam IM mengatakan kegiatan karya bakti TNI dan Bakti Sosial skala besar ini merupakan komitmen dari TNI AD beserta seluruh jajarannya, sekaligus merupakan wujud kepedulian kodam iskandar muda, pemda aceh dan seluruh komponen masyarakat lainnya dalam menjalin dan memperkokoh semangat kekeluargaan dan kebersamaan antara TNI AD, pemerintah daerah dan segenap elemen masyarakat, sehingga tercipta soliditas dan sinergitas dalam rangka mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

Di samping itu karya bhakti TNI ini merupakan perwujudan dari kemanunggalan TNI dengan rakyat untuk berpartisipasi mempercepat terlaksananya tujuan pembangunan di daerah dalam rangka mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera.

Momentum kegiatan karya bakti TNI skala besar yang digelar ini diarahkan pada prioritas sasaran utama yaitu pembuatan badan jalan baru dan pengerasan jalan, pemasangan  gorong-gorong di tiga titik, serta melaksanakan perehapan bak air dan MCK. Perbaikan sarana dan prasarana masyarakat tersebut merupakan salah satu upaya kita untuk membantu masyarakat.

Sedangkan sasaran non fisik akan diisi dengan kegiatan pengobatan massal, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan bela negara, penyuluhan pertanian, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan syariat islam, serta penyuluhan pembinaan olah raga. Pada situasi seperti sekarang ini, dimana lingkungan kita masih sangat membutuhkan kepedulian sosial, maka kita senantiasa dituntut untuk dapat memberikan karya nyata bagi kepentingan masyarakat.

Pelaksanaan binter yang diwujudkan dengan program karya bakti ini merupakan senergitas antara TNI bersama pemda serta masyarakat dalam rangka membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang kurang mampu. TNI akan selalu mengedepankan kepentingan masyarakat dan membantu pemda dalam hal pemerataan pembangunan di wilayah khususnya daerah aceh besar dan sekitarnya.

Kebersamaan TNI dengan rakyat pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan oleh apapun, karena pada dasarnya TNI berasal dari rakyat, berjuang untuk rakyat dan pada suatu saat kembali menjadi rakyat. Untuk itu, sangat diperlukan peneguhan kembali semangat kemanunggalan TNI-rakyat dalam bentuk kegiatan bersama seperti ini, sehingga kemanunggalan TNI-rakyat tetap terjaga di propinsi aceh.

Selanjutnya Pangdam berharap dan tentunya menjadi harapan kita semua, mudah-mudahan penyelenggaraan kegiatan karya bakti TNI skala besar sterdam iskandar muda semester I Ta. 2014 ini dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar, sehingga benar-benar dapat meringankan penderitaan saudara-saudara kita yang membutuhkan pertolongan terutama yang memerlukan penanganan pengobatan, sehingga dapat membangun kembali semangat dan motivasi untuk kesembuhannya.

Pada kesempatan ini Pangdam juga mengajak masyarakat agar setelah selesainya pengembangan sarana dan prasarana tersebut, warga dapat memelihara dengan sebaik-baiknya, sehingga akan dapat selalu memberi manfaat yang besar bagi kepentingan masyarakat.

Kepedulian dan rasa memiliki dari masyarakat dalam pembangunan sangat diperlukan, sehingga apa yang dicita-citakan yaitu kemanunggalan TNI dan rakyat benar-benar dapat terwujud, karena kita ketahui bersama bahwa terbentuknya negara kesatuan republik indonesia ini tidak terlepas dari peran rakyat dan TNI yang bahu membahu berkorban jiwa dan raga dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepada prajurit yang terlibat secara langsung dalam karya bakti TNI agar memanfaatkan kegiatan ini sebagai wahana untuk dapat membaktikan diri pada rakyat dan masyarakat sebagai wadah memupuk rasa kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Di akhir amanatnya Pangdam IM mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Bupati Aceh Besar beserta unsur Forkopimda, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan seluruh elemen masyarakat Aceh Besar, atas sumbangsihnya dalam membantu Kodam Iskandar Muda selama ini, sehingga dapat menyelesaikan setiap tugas yang diembannya dengan baik.

Kegiatan ini dihadiri Irdam, para Pa Ahli, para Asisten, LO AL, LO AU dan para Kabalak,  Bupati Aceh Besar, Kapolres dan Ketua DPRD, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan organisasi kemasyarakatan, serta para undangan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasdam IM Buka Karya Bakti TNI dan Bakti Sosial