TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasdam XVII/Cenderawasih Terima Kunjungan Kehormatan Wakil Duta Besar Swiss

By 06 May 2014 07:21Kodam XVII/Cenderawasih
Kunjungan-Wakil-Duta-Besar-Swiss

Pangdam XVII/Cenderawasih yang diwakili oleh Kasdam XVII/Cenderawasih  Brigjen TNI Hinsa Siburian terima kunjungan kehormatan Wakil Duta Besar Swiss Mr. Daniel Derzic pada Senin 2 Mei 2014 bertempat di Ruang Cyloop Makodam XVII/Cenderawasih.

Pada kesempatan itu Kasdam menjelaskan tentang keadaan stabilitas wilayah Papua saat ini. Papua pada saat sekarang ini dalam keadaan kondusif dan segenap perangkat pemerintahan tetap tegak berwibawa mampu melakukan tugas dan fungsinya serta kegiatan kemasyarakatan dapat berjalan lancar. Terciptanya stabilitas wilayah ini sesungguhnya bukan hanya karena tugas aparat TNI/Polri saja, akan tetapi karena peran serta seluruh elemen bangsa baik Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, aparatur pemerintah maupun masyarakat Papua sendiri yang peduli atas terwujudnya rasa aman dan nyaman di lingkungannya.

Selain itu kasdam juga menyampaikan bahwa di Papua sering terjadi pertikaian antar suku dan pendatang, tingkat ekonomi, pendidikan dan kesehatan penduduk asli yang masih kurang serta adanya hukum adat yang dominan sehingga berdampak pada pembangunan di wilayah Papua. Masih adanya aksi gangguan keamanan oleh kelompok beda paham yang berupaya mengganggu stabilitas keamanan, menghambat pembangunan dan menggagalkan Pemilu Tahun 2014 di wilayah Papua. Dalam menghadapi permasalahan yang terjadi di wilayah Papua pemerintah Indonesia melalui Presiden memberikan 5 kebijakan dalam penanganan Papua yaitu menguatkan kedaulatan dengan menghormati keragaman dan kekhususan Papua, melakukan penataan optimal UU No. 21 Tahun 2001 tentang Otsus Papua, melaksanakan Affirmatif Policy dahulu diartikan memberikan keistemewaan dan kesempatan yang lebih kepada warga asli Papua mengalami Affirmative Action diluar sumber daya alam, mendesain dan menyusun strategi kebijakan untuk mempercepat pembangunan Papua termasuk anggarannya dan pendekatan bukan melalui pendekatan keamanan, tetapi dengan peningkatan perekonomian dan kesejahteraan rakyat sehingga dapat menghindari tindak kekerasan.

Konsep Kodam XVII/Cenderawasih dalam penanganan kelompok berbeda paham di Papua yaitu dengan menggunakan “Smart Power” dengan mengedepankan “Soft Power” didukung oleh “Hard Power” membangun dan menetapkan kepercayaan kepada masyarakat. Menggelar Operasi Intelijen dan Pembinaan Teritorial serta Operasi Tempur disiapkan untuk membantu dalam menegakkan hukum dan melalui pendekatan Agama, Budaya dan Kesetaraan. Dalam mendukung akselerasi pembangunan di Papua Kodam XVII/Cenderawasih melaksanakan kegiatan Pembinaan teritorial guna mewujudkan Papua Tanah Damai.  Autentikasi : RH

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kodam XVII/Cenderawasih Kodam VI/Mulawarman Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kodam V/Brawijaya Kodam IX/Udayana
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasdam XVII/Cenderawasih Terima Kunjungan Kehormatan Wakil Duta Besar Swiss