TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Perjalanan Laut Pangdam XVI/Pattimura ke Pulau Morotai

By 30 May 2014 16:25Kodam XVI/Patimura
dam16kedua

Wilayah Kodam XVI/Pattimura yang terdiri wilayah kepulauan tidak mengurangi menyurutkan niat tugas dan kewajiban  sebagai Pangdam dalam memantau wilayahnya. Dengan menggunakan Speedboat dari Tobelo Halmahera Utara, Pangdam XVI/Pattimura  Mayjen TNI Meris Wiryadi S.Ip, M.Si beserta ibu didampingi Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Agus Arif Fadilah dan rombongan Asisten Kodam XVI/Pattimura pada hari Kamis 22 Mei 2014 pukul 07.30 WIT tiba di pelabuhan speed Daruba Pulau Morotai. Rombongan disambut oleh Wakil Bupati Weni Paraisu, Sekda dan FKPD serta SKPD Pulau Morotai.  Setibanya di pelabuhan. Pangdam beserta ibu dan Danrem 152/Binaiya disambut dengan larungan bunga, tradisi adat Jokokaha dan tarian Cakalele. Tradisi Jokokaha ini dilaksanakan karena Pangdam dan Danrem adalah pejabat baru yang pertama kali berkunjung di Pulau Morotai.

Kemudian rombongan Pangdam melanjutkan ke Kotis Tim Ekspedisi NKRI Sub Korwil 7/Pulau Morotai yang berada di lapangan Angkasa dan disambut oleh Wadan Sub Korwil Kapten Inf Vicky yang selanjutnya memaparkan kegiatan yang sedang dan telah dilaksanakan serta Kondisi Tim Ekspedisi NKRI yang berada di Pulau Morotai. Setelah menerima paparan dilanjutkan meninjau laboratorium mini Tim Ekspedisi NKRI Sub Korwil-7/P.Morotai. Laboratorium ini merupakan hasil dari kegiatan para anggota tim ekspedisi selama berada di Pulau Morotai. Di dalam laboratorium tersebut tersimpan hasil dari tim penjelajah yang telah keluar masuk hutan dan pedalaman di Pulau Morotai, diantaranya tersimpan berupa flora dan fauna serta batu-batuan yang langka yang sedang dilaksanakan penelitian.

Selesai meninjau Laboratorium mini, Pangdam memberikan pengarahan kepada anggota Tim Ekspedisi yang terdiri anggota TNI, Polri dan mahasiswa. Dalam kesempatan tersebut Pangdam XVI/Pattimura mengharapkan agar hasil kegiatan Ekspedisi NKRI mempunyai potensi yang bisa dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah dan masyarakat, untuk itu perlu perhatian dari Pemerintah Daerah agar pelaksanaan Ekspedisi bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Pangdam juga menyampaikan bahwa kegiatan ekspedisi seperti ini juga telah ditiru oleh Negara lain karena mempunyai manfaat yang besar, untuk itu kepada anggota Tim Ekspedisi agar selalu menjaga kesehatan dan memaksimalkan kegiatan yang yang dilaksanakan.

Selesai kegiatan di Kotis Tim Ekspedisi NKRI, rombongan bergerak mengunjungi Museum Perang Dunia II yang terletak di desa Juanga yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada saat Pembukaan Sail Indonesia Morotai pada tanggal 15 September 2012 yang lalu. Di museum tersebut Pangdam mendapat  penjelasan dari petugas museum tentang kejadiaan-kejadian pada Perang Dunia II dulu sesuai poto-poto dan koleksi benda yang ada di museum tersebut.

 Sebelum meninggalkan Pulau Morotai Pangdam dan rombongan berkesempatan sejenak untuk beristirahat di Jababeka Cottage yang tidak jauh dari Museum Perang Dunia II untuk melaksanakan ramah tamah dengan Muspida Kabupaten Pulau Morotai. Tepat pukul 11.00 WIT, Pangdam dan rombongan menuju pelabuhan speed di Daruba dan selanjutnya kembali ke Tobelo untuk melanjutkan perjalanan ke Sofifi. (Pendam 16).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam II/Sriwijaya Kodam Iskandar Muda Puspen TNI Kodam IV/Diponegoro Dinas Penerangan Berita Satuan Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Perjalanan Laut Pangdam XVI/Pattimura ke Pulau Morotai