TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Yonif 641/Raider Membuka Latihan Kemampuan Prajurit

By 13 May 2014 16:37Kodam XII/Tanjungpura
641-Lathar Raider3

Singkawang, Sesuai kalender latihan Yonif 641/R TA. 2014 yang telah disusun sebelumnya, Yonif 641/Raider pada Senin, 12 Mei 2014 melaksanakan upacara pembukaan Latihan Pemeliharaan Kemampuan Prajurit Raider Yonif 641/R TA. 2014. Dalam rangka mendukung keberhasilan latihan tersebut, sebagai satuan yang profesional Yonif 641/Raider tetap melaksanakan kegiatan sesuai dengan pentahapan yaitu tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan diakhiri dengan tahap pengakhiran, sehingga dengan penerapan pentahapan latihan yang matang dapat berbuah hasil secara maksimal termasuk latihan pemeliharaan yang sedang dilaksanakan saat ini.

Latihan Pemeliharaan Kemampuan Raider ini merupakan yang pertama dilaksanakan oleh Kodam XII/Tanjungpura, mengingat Yonif 641/R baru saja menjadi satuan Raider dijajaran TNI-AD di semester dua TA. 2013 yang dibentuk di Pusdikpassus, Batujajar. Medan latihan ini menggunakan wilayah yang luas (2/3) wilayah Kota Singkawang. Kegiatan latihan pemeliharaan kemampuan raider ini meliputi latihan : pertempuran jarak dekat (PJD), drill kontak, Infiltrasi/Eksfiltrasi, Operasi Mobil Udara, Ralasuntai dan Operasi Raid Penghancuran maupun Operasi Raid Pembebasan Tawanan.

Dalam Pelaksanaan Latihan Pemeliharaan Kemampuan Raider ini, Panglima Kodam XII/ Tanjungpura sebagai pimpinan umum latihan, dengan Penasehat latihan Asops Kasdam serta  Danyonif 641/Raider bertindak sebagai Komandan Latihan. Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan mulai tanggal 12 s.d 25 Mei 2014, melibatkan 90 orang pelatih dan pendukung, serta 438 orang pelaku sehingga total diikuti oleh 528 orang, dimana materi terbagi enam materi yaitu : Pertempuran jarak dekat (PJD), Drill Kontak, Infiltrasi/Eksfiltrasi, Mobud, Rawa laut sungai pantai (Ralasuntai) dan operasi raid penghancuran maupun operasi raid pembebasan tawanan.

Dalam amanatnya Danyonif 641/Raider, Letkol Inf Heri Budi Purnomo, S.IP, mengatakan dengan dilaksanakannya Latihan Pemeliharaan Kemampuan Raider Yonif 641/R ini, diharapkan untuk dapat memelihara dan meningkatkan kemampuan pasukan raider sehingga prajurit raider mampu melaksanakan tugas-tugas khusus yang diembankan sebagai satuan khusus pemukul Kodam XII/ Tanjungpura yang memiliki kemampuan 3x lipat pasukan infanteri biasa. Sebagai Pasukan Pemukul Kodam, yang Komando dan pengendaliannya langsung oleh Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Yonif 641/R siap menerima tugas kapanpun, dalam situasi apapun dan dimanapun berada, baik di dalam maupun di luar negeri. RAIDER! Authentikasi : Letda Chb Aan Kurniawan, S.ST.Han/Dantonkom

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kodam XIV Hassanudin Kostrad Kodam V/Brawijaya Kodam XII/Tanjungpura Kodam II/Sriwijaya
Sort by

Yonif 641/Raider Membuka Latihan Kemampuan Prajurit