Direktorat Topografi

Jaring Lulusan Unggulan Dittopad Terima Kunjungan SMK Survei Pemetaan ‘Adi Sanggoro’

Oleh 11 Jun 2014 Tidak ada komentar
Jaring Lulusan Unggulan Dittopad Terima Kunjungan SMK Survei Pemetaan ‘Adi Sanggoro’
#TNIAD 

Jakarta (7/6).  Baru-baru ini bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2014, Dittopad menerima kunjungan siswa Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Survei Pemetaan Adi Sanggoro Bogor sebanyak 88 siswa didampingi oleh 2 Pembimbing. Kunjungan dilaksanakan selama sehari pada tanggal 20 Mei 2014 sebagai salah satu kegiatan yang diprogramkan pada kalender pendidikan SMK Adi Sanggoro Jurusan Survei Pemetaan.

Penerimaan kunjungan siswa oleh Dittopad dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku di lingkungan TNI AD. Turut hadir dalam acara penerimaan kunjungan di Gedung A. Yani Madittopad, Wadirtopad Kolonel Ctp Ir. Asep Edi Rosyidin, MDA., mewakili Dirtopad, bersama para pejabat Dittopad.

Sebagai informasi, SMK Adi Sanggoro resmi berdiri pada tahun 1997 dengan diterbitkannya Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Barat Nomor 678/I02.1/Kep/OT/97. Pada Tahun 2000, mendapatkan status akreditasi “Diakui” berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 79/C.C7/kep./PP/2000. Saat ini, SMK Adi Sanggoro memiliki 3 jurusan, yakni Jurusan Survei Pemetaan, Jurusan Geologi Pertambangan, dan Jurusan Teknologi Informatika.

Selain mendapat ceramah pembekalan tentang tugas pokok, peran dan fungsi Dittopad dari para Pejabat Dittopad, para Siswa SMK Adi Sanggoro juga melakukan kunjungan langsung ke bagian-bagian pelaksana teknis seperti Bagian Fotogrametri  yang melaksanakan kegiatan aerotriangulasi dan plotting, Bagian Kartografi yang melaksanakan kegiatan kartografi digital, Bagian Reptak yang melakukan kegiatan percetakan dan lain sebagainya. Termasuk juga kunjungan ke Detasemen Survei Pemetaan (Densurta) sebagai satuan pelaksana di lapangan.

Pada kesempatan tersebut, Kasubditbincab Dittopad Kolonel Ctp Drs. Ibnu Fatah, MSc, memberikan paparan tentang pilihan karir menjadi prajurit Topografi Angkatan Darat sebagai bagian dari upaya sosialisasi dan kampanye rekrutmen prajurit TNI AD.

Para siswa mendapatkan wawasan dan gambaran tentang prosedur dan ketentuan yang berlaku, bagaimana menyiapkan diri sehingga pada waktunya dapat lulus seleksi pendaftaran, bagaimana prospek atau masa depan berkarir menjadi prajurit Topografi TNI AD termasuk kesempatan untuk melanjutkan pendidikan lanjutan, baik pendidikan umum maupun spesialisasi. Dan tak kalah pentingnya adalah kesempatan yang sangat besar untuk menjelajahi wilayah NKRI dengan gratis, seiring dengan pelaksanaan tugas-tugas lapangan survey pemetaan.

Kasubditbincab Dittopad Kolonel Ctp Drs. Ibnu Fatah, MSc. mengingatkan bahwa untuk mengantisipasi perkembangan Iptek, tuntutan tugas-tugas Topografi AD ke depan serta pengawakan organisasi satuan Topografi secara memadai, jelas diperlukan prajurit Topografi yang handal dan professional. Untuk itu diperlukan upaya sosialisasi dan kampanye yang optimal guna mendukung proses rekrutmen calon-calon prajurit yang terbaik. Salah satunya adalah melalui kegiatan penerimaan kunjungan siswa.

 Setelah sesi ceramah pembekalan dan sebelum acara kunjungan langsung ke Bagian-Bagian pelaksana teknis, dilaksanakan Demonstrasi penggunaan pesawat tanpa awak (UAV) Multirotor untuk kepentingan pemotretan udara. Para siswa dan guru Pembimbing tampak sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan (SBC-Dittopad).

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel