TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam Ajak Yayasan Paguyuban Budi Asih Tanam Pohon

By 30 Jun 2014 17:06Kodam IX/Udayana
KASDAM TANAM POHON

Dalam rangka mendorong semangat kebersamaan dan tekad yang kuat dari segenap unsur masyarakat untuk perbaikan lingkungan, Kodam IX/Udayana memandang perlu untuk mengadakan penaman pohon/penghijauan sebagai langkah nyata dalam kegiatan penanggulangan pemanasan global dan perbaikan kerusakan lingkungan dari berbagai permasalahan yang menyebabkan terjadinya kerusakan hutan dan lingkungan. Untuk itu Kodam IX/Udayana berupaya secara internal maupun ekternal untuk membantu pemerintah daerah melaksanakan penghijuan dengan mengadakan gerakan penghijauan di wilayah Provinsi Bali dan Nusara.

Mengawali kegiatan ini Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Wisnu Bawa Tenaya, diwakili oleh Kasdam IX/Udayana Brigadir Jenderal TNI, Danu Nawawi,S.Sos., secara simbolis melaksanakan penanaman pohon di lingkungan Makorem 163/Wira Satya pada, Kamis (27/6).

Kegiatan ini dilaksanakan  dengan tujuan untuk ikut berpartisipasi dalam membantu Pemerintah Daerah dalam melaksanakan “ Gerakan Indonesia Menanam Satu Milyar Pohon”, menjaga dan melestarikan lingkungan hidup serta mengurangi dampak pemanasan global dan disamping itu juga adalah untuk tercapainya sasaran terlaksanannya kampanye tentang Indonesia Hijau “Berseri” (Bersih, Sehat, Rapi dan Indah), membantu pemerintah daerah dalam membudidayakan tanaman pohon produktif dan bernilai ekonomis di wilayah Bali Nusra disamping juga terlaksananya penghijaun dilingkungan komplek perumahan TNI, Perkantoran TNI dan dilingkungan perumahan TNI non Dinas.

Pada Kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kasdam IX/Udayana, menyampaikan kegiatan ini merupakan kerjasama  Kodam IX/Udayana dengan Yayasan Paguyuban Budi Asih yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Aqua Dwivayana, M.I.Kom. Pangdam menilai kegiatan  ini sangat positif dan ini merupakan wujud nyata kebersamaan antara Kodam IX/Udayana dengan Yayasan Paguyuban Budi Asih dalam rangka perbaikan lingkungan, penanggulangn pemanasan global serta kerusakan lingkungan. Dalam kegiatan ini akan ditanam 3.000 bibit pohon yang terdiri dari, Eboni, Rasamala, Kenari, Merbau dan Manglit. Jenis pohon ini sangat cocok untuk penghijauan dan untuk mempertahankan ketersediaan air tanah disekitarnya dan sekligus mendukung gerakan kampanye Indonesia Hijau “Berseri” ( Bersih, Sehat, Rapi dan Indah).

Pangdam juga menyampaikan manfaat penanaman pohon ini memang tidak dapat dirasakan secara langsung manfaatnya namun jangka waktunya panjang, oleh karena itu Pangdam mengajak seluruh Prajurit, PNS dan masyarakat disekitarnya untuk meningkatkan kepedulian dalam merawat dan menjaga bibit pohon yang ditanam sehingga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, senada dengan apa yang disampaikan oleh Bapak Aqua Dwivayana yang sempat juga menyampaikan sambutan pada acara ini disamping beliau juga mengucapkan terimakasih kepada Pangdam IX/Udayana dan jajarannya yang telah menyambut dengan baik kegiatan penghijauan ini, begitu pula terimakasih disampaikan kepada warga masyarakat sekitar serta menghimbau dan mengajak agar meningkatkan kepeduliannya dalam menjaga dan merawat pohon yang ditanam.

Kegiatan penanaman ini dihadiri oleh para pejabat teras Kodam IX/Udayana, LO-AL, LO-AU dan para Kabalak Kodam IX/Udayana serta sejumlah unDemikian Pendam IX/Udayana. (Editor PNS N Riasih)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam Ajak Yayasan Paguyuban Budi Asih Tanam Pohon