Kodam IV/Diponegoro

PENUTUPAN TMMD REG KE-92 TA.2014 KODIM 0702/PBG

Oleh 12 Jun 2014 Tidak ada komentar
PENUTUPAN TMMD REG KE-92 TA.2014 KODIM 0702/PBG
#TNIAD 

Kehadiran TNI/Polri tidak semata-mata membangun desa, tetapi juga sebagai inspirasi bagi masyarakat guna meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial, mengembangkan komunikasi sosial serta semangat untuk membangun daerahnya, papar Gubernur Jawa Tengah H.Ganjar Pranowo, S.H. dalam amanatnya pada Penutupan TMMD Tahap I (Reguler 92 dan Sengkuyung I) Prop. Jawa Tengah Tahun 2014 yang disampaikan Bupati Purbalingga Drs. H. Sukento Ridho Marhaendrianto, MM yang berlangsung Selasa (10/5) di Desa Ponjen Kec.Karanganyar Kab. Purbalingga.

Lebih lanjut Gubernur Jawa Tengah dalam amanatnya menyampaikan bahwa program TMMD adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, lembaga pemerintah non kementerian dan pemerintah daerah serta segenap lapisan masyarakat.

“Melalui program ini, diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan. Sebab proses perencanaan TMMD selalu diawali dengan melibatkan berbagai instansi dan masyarakat sebagai pelaku dan pengguna hasil TMMD, serta disusun dengan sistem bottom up planning”, terangnya.

“Sasaran fisik diarahkan pada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum lain yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah, sehingga semakin meningkatkan roda perekonomian daerah akibat terbukanya isolasi antardesa atau daerah terpencil”, lanjutnya.

Sedangkan sasaran non fisik berupa penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan dalam program TMMD ini, perlu diteruskan dan dikembangkan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan pengamalan Pancasila sebagai satu-satunya idiologi bangsa, termasuk dukungan terhadap komitmen Jawa Tengah dalam internalisasi dan radikalisasi Pancasila untuk mendukung keutuhan NKRI. Demikian juga dengan penyuluhan hukum, sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap norma-norma hukum dan peran serta dalam mewujudkan keamanan lingkungan, sehingga tercipta kondusifitas wilayah.

“Terima kasih kepada keluarga besar TNI dan pihak terkait atas keberhasilan program TMMD ini. Karena TMMD sebagai upaya nyata dalam penanggulangan kemiskinan serta peningkatan derajat hidup masyarakat. TMMD sebagai upaya untuk membantu pemerintah dalam memberdayakan wilayah pertahanan dan akselerasi pembangunan di daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan serta menjaga kondusifitas wilayah terang Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, S.H.

Pelaksanaan program TMMD Reg Ke-92 Kodim 0702/Pbg, sasaran fisik berupa pengerasan jalan volume 1000 m x 5 m, pembangunan gorong-gorong plat beton 3 buah volume P : 2 m x L; b,5 m x T : 1,5 m, pembangunan talud volume 0,40 m x 0,30m x 2 m x 85 m, pembangunan jembatan 2 buah volume P : 3 m x L : 8,5 m x T : 3 m, RTLH 10 unit. Sedangkan sasaran Non fisik berupa penyuluhan bidang mental idiologi, penyuluhan kesadaran bela negara, penyuluhan berbangsa dan bernegara, penyuluhan kamtibmas.

Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahap-I, Reguler Ke-92 dan Sengkuyung Tahap-I Tahun 2014 ditutup secara serentak di 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Untuk wilayah Korem 071/Wk TMMD Reguler Ke-92 yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0702/Pbg di Desa Ponjen Kec.Karanganyar Kab. Purbalingga serta Sengkuyung Tahap-I Tahun 2014 yang dilaksanakan Kodim jajaran Korem 071/Wk.

Hadir dalam Upacara Penutupan TMMD Reg Ke-92, Bupati Purbalingga Drs. H. Sukento Ridho Marhaendrianto, M.M., beserta FKPD Kab. Purbalingga, Kasrem 071/Wk Letkol Arh A.Zaky Basuki Rahmat, Wakil Ketua DPRD Kab.Purbalingga, Danlanud Wirasaba, Danyonif 406/Ck Brigif-4/DR, para Dan/Ka Balak Aju Kodam IV/Dip jajaran Korem 071/Wk, Muspika Kecamatan Karanganyar beserta perangkat desa serta warga masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Kabupaten Pemalang, para peserta upacara prajurit TNI AD dan TNI AU, Polri, Linmas, Mahasiswa Unsoed dan pelajar.

Pada kesempatan tersebut, seusai upacara penutupan TMMD Reg Ke-92, Bupati Purbalingga, Kasrem 071/Wk, beserta FKPD Kab. Purbalingga, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan warga masyarakat meninjau pasar murah dan pengobatan massal. Dilanjutkan peninjauan lokasi TMMD Reg Ke-92 Kodim 0702/Pbg dan pemotongan pita dan penanaman pohon.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel