Skip to main content
Kostrad

PRAJURIT TNI LATIHAN OPERASI SENYAP DI ASEMBAGUS

Dibaca: 754 Oleh 07 Jun 2014Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

 

Sebanyak 25 prajurit TNI yang tergabung dalam Latihan Gabungan (Latgab) TNI tahun 2014 melaksanakan operasi senyap di daerah latihan, di wilayah pantai Banongan, Assembagus, Situbondo, Jawa Timur, Selasa (3/6) dini hari.

Personel TNI ini tergabung dalam penerjunan Kelompok Depan Operasi Linud (KDOL) dipimpin Mayor Psk Verial selaku Komandan Tim (Dantim) secara bergantian melompat keluar dari badan pesawat TNI AU jenis CN 295 dengan Tail Number A-2903 melalui ketinggian6000 feet, sebagai penerjun KDOLdi atas perairan selat Bali. Mereka berhasil mendaratdengan sempurna di wilayah musuh yang terletak di wilayah pantai Banongan Asembagus Situbondo,Jawa Timur.

Menurut Dantim KDOL,Prajurit yang terlibat Kelompok Depan Operasi Linud(KDOL) terdiridari13 orang dari Paskhas dan 12 orang Brigif Linud 18/Malang. Penerjunan ini merupakanorganisasi dibawah Komando Tugas Gabungan Lintas Udara (Kogasgablinud) yang diterjunkan sebelum operasi Lintas Udara (Linud) dilaksanakan.

Lebih lanjut dikatakan, 25 penerjun tersebut melaksanakan infiltrasi udara, secara rahasia padamalam hari untuk menghindari pendeteksian musuh. Kemudian Tim KDOL akan melakukan tugas utama yaitu mencari dan menyiapkan Dropping Zona(DZ)serta mengendalikanpenerjunan bagi Satgas Linud dalam mendukung Komando Tugas Gabungan (Kogasgab)Linud.

Baca juga:  Kunjungan Tim Wasrik Itjenad Ke Markas Divif 2 Kostrad Ta. 2014

Selain itu, Tim KDOL juga bertanggung jawab kepada Panglima Komando Tugas Gabungan (Pangkogasgab) Linud.Sebelum pelaksanaan operasi Linud, Tim KDOL melaporkan perkembangan situasi meliputi suhu, angin, cahaya dan endapan berkaitan dengan penerjunan Jam “P” oleh Operasi Linud yang akan dilaksanakan.

“Usai berhasil mendarat dengan aman di wilayah Asembagus Komplek, 25 prajurit TNI tersebut melanjutkan aksinya dengan rahasia, melakukan penyelaman di daerah sasaran masing masing,” kata Koordinator Penerangan Latgab TNI Tahun 2014, Kolonel Inf Bernardus Robert.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel