Kodam XVI/Patimura

Tes Kesegaran Jasmani Periodik Pamen dan UKP Kodam XVI/ Pattimura

Oleh 03 Jun 2014 Tidak ada komentar
Tes Kesegaran Jasmani Periodik Pamen dan UKP Kodam XVI/ Pattimura
#TNIAD 

Kodam XVI/Pattimura melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani Periodik untuk Perwira Menengah (Pamen) dan Usul Kenaikan Pangkat (UKP) T.A 2014 bertempat di Sport Hall Karang Panjang. Selasa (03/06).

Jasmani Kodam XVI/Pattimura sebagai Badan pelaksana dalam pembinaan Jasmani melaksanakan tes kesegaran jasmani terpusat dalam rangka Semapta periodik bagi golongan Pemen berpangkat Mayor sampai dengan Kolonel dan untuk yang melaksanakan UKP (Usul Kenaikan Pangkat) dilaksanakan untuk semua golongan yang akan naik pangkat pada 1 Oktober mendatang.

Dengan demikian pembinaan jasmani tidak hanya dilaksanakan pada waktu mengikuti pendidikan saja melainkan di semua satuan atau lembaga dan fase pembinaan sepanjang kemampuan jasmani itu dibutuhkan dan dituntut oleh tugas dan kewajiban baik perorangan maupun satuan. Materi yang wajib dilaksanakan untuk semapta periodik serta UKP kali ini yaitu sama yang meliputi kesemaptaan “A” berupa lari sepanjang 3.200 Km sedangkan untuk kesemaptaan “B” berupa pull up, sit up, push up dan shuttle run serta renang militer, untuk UKP kegiatan ini merupakan persyaratan yang harus dilewati oleh setiap prajurit yang akan melaksanakan kenaikan pangkat, selain persyaratan administrasi lainnya sehingga dapat memenuhi syarat untuk dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi. Sebelum pelaksanaan tes kesegaran, terlebih dahulu dilaksanakan pengecekan tensi tekanan darah oleh Tim medis dari Kesdam XVI/Ptm dilanjutkan pemanasan yang dipimpin oleh anggota Jasdam.

Maksud diadakan pengecekan kesehatan ini untuk mengetahui kesiapan dan penentuan kepada seluruh personel apakah bisa mengikuti samapta atau tidak, karena jika terdapat anggota dengan tekanan darah tinggi atau pun rendah diatas/dibawah standar yang telah ditentukan maka prajurit tersebut tidak diperbolehkan ikut dalam tes samapta, dengan harapan agar dalam pelaksanaan tes dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar serta tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada kegiatan ini Kasdam XVI/Pattimura didamping Aspers menyaksikan secara langsung pelaksanaan Semapta Periodik serta UKP dibawah pengawasan Kajasdam dan Tim Jasmani Angkatan Darat (Pendam 16).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel