Skip to main content
Berita Satuan

TNI dan Uspacom Gelar Latma Penanggulangan Bencana Alam Selasa, 24 Juni 2014 , 09:27:00 WIB

Dibaca: 573 Oleh 25 Jun 2014Tidak ada komentar
TNI Angkatan Darat
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

RMOL. Pa Sahli Tk-II Kawasan Eropa & AS Sahli Bidang Hubungan Internasional Panglima TNI Brigjen TNI Endang  Sodik secara resmi membuka Latihan Bersama (Latma) Table Top Exercise Penanggulangan Bencana Alam Gema Bhakti 2014 antara TNI dengan Uspacom (United States Pacific Command) di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, kemarin (Senin, 23/6). Latihan yang mengambil tema “Satuan Tugas TNI Siap Melaksanakan Latihan Penanggulangan Bencana Alam Dalam Rangka Operasi Bantuan Kemanusiaan dan Penanggulangan Bencana Alam Internasional” diikuti oleh 138 orang terdiri dari 86 orang unsur TNI dan 52 orang USPACOM. Kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari hingga 27 Juni 2014.

Tujuan latihan ini adalah untuk memberikan pembekalan pengetahuan tentang latihan Table Top Exercise Penanggulangan Bencana Alam Gema Bhakti 2014 dan meningkatkan pemahaman prajurit TNI dalam prosedur dan mekanisme penanggulangan bencana dengan melibatkan batuan internaional. “Berbagi pengalaman pada berbagai misi bantuan kemanusiaan/penanganan bencana, maupun di berbagai latihan kesiapsiagaan yang diikuti, semakin membuka wawasan kita akan arti pentingnya koordinasi,” ujar Brigjen Endang Sodik.

Baca juga:  Anjangsana, Ajang Silaturahmi dan Berbagi

Sementara itu, kurangnya koordinasi sipil dengan militer, militer dengan militer luar negeri maupun dengan instansi terkait lainnya, kerap terjadi dalam misi penanganan bencana.  Karena itu, diharapkan kegiatan TTX Gema Bhakti 2014 ini dapat menjadi wahana membangun rasa saling percaya, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan tetap menghormati aturan masing-masing yang akan membawa kepada pencapaian tujuan bersama, yaitu semakin solidnya koordinasi diantara pelaku misi bantuan kemanusiaan/penanganan bencana.

“Kita semua berharap bahwa kegiatan ini akan menumbuhkan kepercayaan diantara pelaku, baik sipil maupun TNI dan USPACOM pada pelaksanaan misi bantuan kemanusiaan/penanganan bencana, sehingga koordinasi di lapangan nantinya akan mempermudah dan memperlancar pelaksanaan pada misi penanganan bencana,” kata Brigjen TNI Sodik. [wid]

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel