Kliping

TNI Siap Bantu Pengamanan Pilpres di NTT Rabu , 25 Jun 2014 16:08 WIB

Oleh 26 Jun 2014 Tidak ada komentar
TNI Angkatan Darat
#TNIAD 

Skalanews – Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Achmad Yulianto mengatakan TNI siap membantu kepolisian dalam mengamankan Pemilu Presiden, 9 Juli 2014, di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

“TNI akan menyiagakan satu satuan setingkat kompi (SSK) pada setiap polres atau kodim, dan satu kompi di markas Korem 161/Wirasakti untuk membantu pengamanan pilpres, jika diperlukan,” katanya di Kupang, Rabu.

Dia mengemukakan hal itu menjawab pertanyaan seputar kesiapan TNI dalam membantu pengamanan pilpres di NTT.

“Babinsa kita sudah menyebar untuk memantau situasi keamanan di lapangan dan sampai saat ini, situasi masih aman. Tetapi prinsipnya TNI selalu siap untuk membantu kepolisian dalam pengamanan,” katanya.

Pihaknya akan menempatkan satu SSK di setiap polres atau kodim. Personel itu, siap dikerahkan kapan saja jika diperlukan.

“Namun, prosedur bantuan pengamanan dari TNI, harus ada permintaan dari Polda NTT. Kalau polda minta personel TNI di tempatkan di polres, maka akan ditempatkan di polres, tetapi jika tidak maka semuanya akan terkonsentrasi di kodim,” katanya.

Dengan demikian, katanya, saat TNI dibutuhkan, semua personel sudah dalam keadaan siap untuk memberikan bantuan pengamanan.

Mengenai kemungkinan dilakukan penyebaran personel, pihaknya masih terus memantau kondisi di NTT.

Ia menjelaskan kalau memang diperlukan maka personel TNI akan disebarkan ke daerah-daerah yang dipandang rawan.

Hanya saja, katanya, hingga saat ini belum diperlukan penyebaran personel karena situasi keamanan di daerah yang berbatasan dengan negara Timor Leste itu, tetap kondusif. (ant/mar)dilakukan penindakan serius bagi anggota TNI yang tidak netral. (Sri / Mys)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel