TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Buka Bersama Kodam XVII/Cenderawasih Beserta Komponen Masyarakat Papua

By 08 Jul 2014 22:12Kodam XVII/Cenderawasih
tatap-muka

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Drs. Christian Zebua, M.M., menyelenggarakan buka puasa bersama dengan komponen masyarakat Papua guna mensukseskan Pilpres 2014 mendatang, bertempat di Makodam XVII/Cenderawasih. Senin, 07/07.

Pada acara buka bersama ini Pangdam mengungkapkan bahwa Kodam XVII/Cenderawasih berkomitmen untuk membantu KPU Propinsi Papua dalam pendistribusian logistik Pilpres ke beberapa Kabupaten/Kota yang membutuhkan bantuan. Adapun bantuan yang telah dilakukan untuk membantu kelancaran Pemilu 2014, Kodam XVII/Cenderawasih telah menyiapkan alutsista yaitu 3 helikopter untuk mempercepat pendistribusian logistik Pemilu 2014, sehingga tidak terjadi keterlambatan dan penundaan pemungutan suara di Kabupaten Yahukimo.

Dalam amanatnya, Pangdam juga menyampaikan bahwa situasi Papua dan Papua Barat, berkat peran serta seluruh tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat, aparatur pemerintah TNI dan Polri serta masyarakat Papua hingga saat ini kondisi tetap kondusif, aman dan terkendali. Terdapat beberapa oknum yang berseberangan dan berbeda pendapat masih melakukan gangguan dengan melakukan kegiatan politik menyebarkan selebaran boikot pilpres dan kegiatan bersenjata yang mengganggu pos TNI-Polri hingga berpengaruh pada ketenangan masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya. Kita sebagai panutan masyarakat harus memotivasi warga agar tidak terpengaruh dan dapat mensukseskan Pilpres 2014 bersama-sama. Pada Pilpres mendatang seluruh masyarakat agar mendatangi tempat pemungutan suara guna menyalurkan hak pilihnya secara langsung, umum, bebas dan rahasia.

Dalam menghadapi gangguan bersenjata, Kodam XVII/Cenderawasih yang bertugas menyelenggarakan tugas-tugas TNI dalam bidang pertahanan Papua dan Papua Barat telah menerapkan konsep penanganan gangguan keamanan agar tetap terpelihara kedaulatan NKRI yaitu membantu Polisi dalam rangka penegakan hukum.

Adapun himbauan dari Pangdam kepada segenap lapisan masyarakat Papua dan Papua Barat agar pelaksanaan Pilpres 2014 di tanah Papua dapat berjalan lancar, aman dan terkendali sesuai rencana yang diharapkan yaitu :

1.         Kita harus memotivasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

2.         Kita seluruh komponen aparat keamanan bertanggung jawab mengamankan jalannya Pilpres.

3.         Tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat, kepala suku, tokoh perempuan, tokoh pemuda agar lebih maksimal menyampaikan kepada masyarakat untuk menyukseskan Pilpres.

Sementara Kapolda Papua meminta bantuan kepada para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda agar dapat masuk ke dalam jaringan masyarakat masing-masing serta menghimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilih, menciptakan keamanan dan kedamaian dalam rangka menyukseskan Pilpres 2014 yang sangat berarti dalam perjuangan bangsa ke depan.

Pangdam juga mengharapkan kepada kedua tim sukses Capres dan Cawapres agar melaksanakan komitmen dalam pelaksanaan Pilpres secara jujur, adil, luber, aman dan kondusif dan hendaknya kedua kubu dapat menerima mana yang menang dan mana yang kalah. Bagaimanapun juga yang terpilih merupakan putra terbaik bangsa Indonesia.

Turut hadir dalam acara tersebut Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Hinsa Siburian, Kapolda Papua Irjen Pol M. Tito Karnavian, Ketua Pengadilan Tinggi, para Asisten Kasdam XVII/Cenderawawih, pejabat tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tim sukses Capres dan Cawapres, Ketua KPU, Ketua Bawaslu Provinsi Papua.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Buka Bersama Kodam XVII/Cenderawasih Beserta Komponen Masyarakat Papua