TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Korem 091/ASN Gelar Nuzulul Qur’an

By 16 Jul 2014 16:09Kodam VI/Mulawarman
nuzulul

Samarinda (15/07). Peringatan Nuzulul Quran (turunnya Al-Quran) menjadi momen penting bagi warga Korem  091/Aji Surya Natakesuma (ASN) yang beragama Islam, untuk semakin memantapkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Hal ini dibuktikan dengan dipenuhinya Aula Manunggal Makorem 091/ASN oleh personel baik Militer, PNS dan bahkan ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana di jajaran Korem 091/ASN, pada Selasa (15/07).

Peringatan Nuzulul Quran  ini mengusung tema “Dengan Hikmah Nuzulu Qur’an 1435 H/2014 M “Kita Mantapkan Imam dan Taqwa serta Komunikasi Sosial Prajurit TNI Dengan Rakyat Guna Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan”, yang didahului dengan penyerahan tali asih oleh Danrem 091/ASN Brigjen TNI Nono Suharsono kepada personel yang mengalami musibah kebakaran yang diterima langsung oleh Mayor Inf Adjie, Mayor Inf Thohar, S.Ag dan PNS Salamah serta PNS Herawati.

Selanjutnya lantunan Surah Al Baqarah ayat 185 s.d 186 dan surah Al Qadr ayat 1 s.d 5 kitab suci Al Qur’anulkarim yang dikumandangkan oleh PNS Rusdiadi S.Pd dilanjutkan dengan pembacaan sari tilawah oleh Kopda Emys Mopili.

Komandan Korem 091/ASN Brigjen TNI Nono Suharsono dalam sambutannya menyampaikan bahwa di bulan suci Ramadhan yang penuh rahmah dan ampunan ini, agar kita semua memanfaatkan waktu yang sebaik-baiknya untuk melaksanakan amalan-amalan yang sesuai Sunnah Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam, meningkatkan hubungan dengan beribadah kepada Allah Subha Nahuwata’ala (Hablum Minallah) maupun hubungan dengan sesama manusia (Hablum Minannas). “Dan jadikanlah ibadah puasa yang kita jalani selama sebulan ini sebagai pengendali hawa nafsu, sehingga diharapkan kualitas keimanan kita akan bertambah, amin ya robbal alamin” pungkasnya.

Sementara itu Hikmah peringatan Nuzulul Qur’an yang disampaikan oleh KH Akhmad Baydowi menyampaikan Keutamaan-keutamaan Al-Qur’an, disamping itu ada beberapa hal yang mesti dicatat oleh tiap muslim tentang keutamaan Al-Qur’an, keutamaan membaca dan menghafalnya.  “Mengapa kita harus berhukum pada Al-Qur’an?”  Pertama, karena Al-Qur’an memuat segala aturan dan permasalahan kehidupan kita, dan jawabannya atas segala sisi kehidupan manusia. Kedua, Al-Qur’an adalah juklak kehidupan yang terjamin orisinalitasnya.

Sebagai perundang-undangan kehidupan, Al-Qur’an satu-satunya kitab yang tahan uji dan tahan terhadap berbagai upaya untuk menyelewengkan atau merusak Al-Qur’an Kedua, Al-Qur’an adalah juklak kehidupan yang terjamin orisinalitasnya. Sebagai perundang-undangan kehidupan, Al-Qur’an satu-satunya kitab yang tahan uji dan tahan terhadap berbagai upaya untuk menyelewengkan atau merusak Al-Qur’an dan yang  Ketiga, Al-Qur’an lah satu-satunya undang-undang kehidupan yang paling pas bagi manusia dengan segenap semesta raya. Karena Al-Qur’an telah menjamin bagi orang berpijak di atasnya dengan benar, tidak akan sesat selamanya. (Penrem 091/ASN)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Korem 091/ASN Gelar Nuzulul Qur’an