TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

MEMBACA ALQUR’AN MENJADIKAN IMAN DAN TAQWA KITA SEMAKIN KUAT

By 17 Jul 2014 22:22Berita Satuan
20140717f

Balikpapan (16/7). Seluruh prajurit TNI dan PNS di lingkungan TNI se-garnisun Balikpapan mengikuti peringatan Nuzulul Qur’an 1435 H/2014 M berlangsung di aula Makodam VI/Mlw pada hari Rabu 16 Juli 2014 dengan menghadirkan penceramah Ustad Drs. H. Sartono, MM dari Majelis Ulama Indonesia Kota Balikpapan dan dihadiri langsung Panglima Kodam VI/Mlw Mayjen TNI Dicky Wainal usman, S.IP., M.Si.

Peringatan Nuzulul Qur’an tersebut juga dihadiri Irdam VI/MLw, Staf Ahli Pangdam VI/Mlw, para Asisten, LO-AL dan AU, Kabalak dan Komandan Satuan, Danlanal serta Danlanud Balikpapan, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah VI/Mlw dan Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana PD VI/Mlw.

Sementara itu dalam sambutannya Pangdam VI/Mlw mengungkapkan bahwa Nuzulul Qur’an yang kita peringati hari ini, sesungguhnya memiliki makna dan hakekat yang mendalam, yaitu hadirnya sebuah kesadaran spiritual tentang jati diri manusia sebagai hamba Allah dan sekaligus sebagai khalifah-Nya. Sebagai hamba Allah kita dituntut untuk menjadi manusia yang selalu mengabdi kepada-Nya.

Untuk melaksanakan fungsi kekhalifahan, Al Qur’an memberi petunjuk agar setiap manusia memiliki keimanan yang kuat, teguh dalam beribadah, berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, yang kesemuanya itu diabadikan bagi kemaslahatan dan kesejahteraan umat manusia.

Sedangkan tema yang diangkat pada peringatan Nuzulul Qur’an tahun ini adalah “Dengan Hikmah Puasa Ramadhan, Nuzulul Qur’an dan Idul Fitri Tahun 1435 H/ 2014 M Kita Mantapkan Iman dan Taqwa serta Komunikasi Sosial Prajurit TNI dengan Rakyat Guna Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan”.

Sementara itu dalam uraian ceramahnya Ustadz Drs. H. Sartono, MM menjelaskan panjang lebar tentang manfaat dan fungsi Kitab Suci Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Yang mana Al Qur’an harus selalu kita jaga dan kita jadikan sebagai bacaan, sebagai pelajaran, sebagai hapalan, sebagai amalan dan jadikan Al Qur’an sebagai media dakwah.

Lebih jauh Ustadz Drs. H. Sartono, MM menguraikan manfaat membaca Al Qur’an diantaranya dapat membersihkan hati, membaca Al Qur’an menjadikan hiburan, membaca Al Qur’an mengobati hati dan membaca Al Qur’an menjadikan Iman dan Taqwa kita semakin kuat.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

MEMBACA ALQUR’AN MENJADIKAN IMAN DAN TAQWA KITA SEMAKIN KUAT