TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam Jaya : “Tingkatkan Kualitas Ibadah dan Keimanan”

By 01 Jul 2014 16:14Kodam Jaya
pang5 resmikan masjid

“Sungguh merupakan sebuah kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bagi kita, khususnya anggota dan keluarga besar Kodam Jaya yang bermukim di sekitar komplek rusunawa Jatiwarna, karena atas prakarsa Denmadam dan Zidam Jaya serta masyarakat sekitar, masjid yang diberi nama Al-Hijrah ini akhirnya berhasil diselesaikan. Dalam pandangan Islam, keberadaan masjid pada hakekatnya memiliki dua fungsi yang sangat penting, yaitu pertama, sebagai tempat beribadah atau rumah Allah dan kedua, sebagai tempat umat Islam untuk saling menjalin silaturahmi” Demikian yang disampaikan Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Mulyono dalam acara Peresmian Masjid Al-Hijrah yang berdiri di lingkungan perumahan Rusunawa Kodam Jaya, Jumat (27/06).

Masjid bukan sekedar bangunan fisik bersifat duniawi, akan tetapi merupakan perwujudan spiritualitas bagi umat Islam, sehingga harus ditempatkan sesuai peran dan fungsinya secara selaras dan proporsional. Sebagai tempat ibadah, masjid digunakan untuk melaksanakan sholat baik secara pribadi maupun berjamaah serta kegiatan keagamaan lainnya seperti pengajian, belajar Al-qur’an dan kegiatan hari-hari besar agama Islam. Sedangkan sebagai tempat bersilaturahmi umat Islam, maka masjid menjadi sarana yang tepat untuk memperkokoh rasa persaudaraan dan meningkatkan intensitas komunikasi antar sesama jemaah.

Lebih lanjut Pangdam Jaya menyampaikan “Sudah semestinya menjadi kewajiban bagi siapapun masyarakat yang berdekatan dengan keberadaan sebuah masjid, untuk senantiasa meramaikan atau memakmurkan suasana dengan aktivitas-aktivitas keagamaan” Pemahaman terhadap peranan agama dalam kehidupan manusia, pada intinya bertujuan agar selalu terpelihara kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta manusia tidak akan pernah kehilangan arah.

Melalui peningkatan  kesadaran atas nilai penting dari ibadah tersebut maka diharapkan dapat menjalani kehidupan dengan penuh rasa kebahagiaan dan berusaha memberikan yang terbaik kepada masyarakat, negara dan bangsa. Cara pandang yang benar merupakan aspek mendasar bagi berdiri tegaknya masjid Al-Hijrah yang akan mencerminkan keberhasilan dalam pembangunan rohani, moral, akhlak dan mental. Pangdam Jaya  berharap kepada seluruh  warga Kompleks Rusunawa Jatiwarna, dengan adanya bangunan masjid Al-Hijrah ini,  lebih bersemangat dalam meningkatkan kualitas ibadah dan keimanan kepada Allah SWT.

Sebelum mengakhiri sambutannya Pangdam Jaya berpesan agar masjid ini dimanfaatkan secara optimal dan selalu diperhatikan faktor kebersihan, kesucian dan kemuliaannya, karena di sinilah tempat untuk berbenah diri melakukan ibadah shalat secara khusuk dan penuh kedamaian. Hadir dalam kegiatan ini Kasdam Jaya Brigjen TNI Teddy Lhaksmana, Irdam Jaya, Danrem 051/Wkt, Danrem 052/Wkr, para Perwira Staf Ahli Pangdam Jaya, para Asisten Kasdam Jaya, para Kabalak jajaran Kodam Jaya, para Dansat jajaran Kodam Jaya. Autentikasi : Kapendam Jaya Kolonel Inf Mukhtar, S.I.P

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam Jaya : “Tingkatkan Kualitas Ibadah dan Keimanan”