TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam XVII/Cenderawasih Menghadiri Buka Puasa Bersama FKPPI Provinsi Papua

By 15 Jul 2014 19:49Kodam XVII/Cenderawasih
Buka Puasa Pangdam XVII

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Drs. Christian Zebua, M.M., menghadiri acara buka puasa bersama yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI-Polri (FKPPI) Provinsi Papua bertempat di Grand Abe Hotel Jayapura. Minggu, 13/7.

Pada kesempatan buka puasa bersama, Pangdam memberikan sambutan tentang peran Pemuda sebagai generasi penerus bangsa. Dalam sambutannya, Pangdam menyampaikan ucapan “Selamat menjalankan ibadah puasa 1435 H” kepada seluruh umat muslim, khususnya keluarga besar FKPPI provinsi Papua, semoga amal ibadah di bulan suci ramadhan ini diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Buka puasa bersama ini merupakan tradisi yang baik untuk mempererat hubungan Prajurit Ksatria Pelindung Rakyat dengan anggota FKPPI provinsi Papua, agar senantiasa terjalin rasa kekeluargaan dan rasa kebersamaan. Sehingga kita mampu menghadapi dan menyikapi setiap bentuk tantangan, sesuai dengan pepatah bangsa Indonesia yaitu “Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh”. Kalau kita dapat memelihara kebersamaan, maka apapun bentuk permasalahan tersebut, akan dapat kita atasi dengan baik.

Sebagai generasi penerus bangsa, sudah menjadi kewajiban kita untuk mempersatukan niat dan tekad menjaga keutuhan NKRI. Sejalan dengan hal itu, kita juga harus terus berupaya mensosialisasikan pentingnya kesadaran Bela Negara dan wawasan kebangsaan kepada segenap komponen bangsa Indonesia, khususnya di tanah Papua. Hal itu dapat menumbuhkan keyakinan bahwa masalah keamanan dan pertahanan negara merupakan tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia. Kesadaran berbangsa dan bernegara yang tulus dan ikhlas akan menciptakan kerukunan dan persatuan antar sesama anak bangsa.

Pangdam juga menyampaikan beberapa harapan kepada seluruh anggota FKPPI Provinsi Papua yaitu; Pertama, sebagai generasi muda FKPPI Papua sebagai garda terdepan keluarga besar TNI-Polri hendaknya dapat menciptakan keamanan di wilayah khususnya menjelang pengumuman hasil Pemilu Presiden (Pilpres) pada tanggal 22 Juli 2014 mendatang. Kedua, agar tidak mudah terprovokasi oleh kelompok-kelompok yang ingin mendiskreditkan TNI maupun Polri, namun dapat berperan sebagai “Penyambung Lidah” bahwa keberadaan TNI dan Polri adalah untuk menjaga, melindungi masyarakat dan membangun Papua sebagai tanah damai dan sejahtera.  Ketiga, FKPPI Papua yang tersebar di Kabupaten/Kota harus menjadi pelopor pembangunan di wilayah Papua, khususnya di wilayah-wilayah pedalaman dan terpencil yang disiapkan melalui pelatihan-pelatihan dan keterampilan dalam bidang pertanian, perikanan, perkebunan, ekonomi kerakyatan dengan memanfaatkan potensi yang ada. Sehingga Papua akan menjadi wilayah yang berkembang pesat, khususnya dalam bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi kerakyatan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam XVII/Cenderawasih Menghadiri Buka Puasa Bersama FKPPI Provinsi Papua