TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Panglima TNI: Pascapilpres Keamanan Tetap Kondusif

By 24 Jul 2014 22:42Kliping
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

JAKARTA – Situasi keamanan di Indonesia setelah pelaksana­an pemilihan presiden (pilpres) berlangsung cukup kondusif. Namun, TNI belum menurun­kan status siaga satunya karena berbagai pertimbangan di antaranyapersiapanjelangLebaran.

“Situasi dan kondisi ke­amanan setelah pilpres cenderungmembaikdantensipolitik terus turun. Saya yakin masya­rakat sudah lelah dalam kehi­dupan perpolitikan ini. Masya­rakat saat ini tengah sibuk mempersiapkan diri untuk berlebaran berkumpul ber­sama keluarga di kampung ha­laman,” ungkap Panglima TNI Jenderal Moeldoko saat meng­gelar buka puasa bersama 2.000 anak yatim piatu di Ma­bes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, kemarin.

Panglima berharap situasi aman seperti ini dapat terusberlangsung agar masyarakat bisa menikmati Hari Raya Idul Fitri dengan nyaman bersama keluarga.

“Terkait siaga satu, sekali lagi kami sangat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Sampai saatiniprajurit-prajurit saya masih siaga satu, apalagi kita menghadapi Lebaran. TNI terlibat dalam membantu pengamanan,” paparnya.

Jenderal Bintang Empat ini mengimbau pihak baik yang menang maupunyang kalah agartidakberlebihandalammenyikapi hasil pilpres. “Yang me­nang jangan berlebih mera­yakan, karena kurang tepat kalau dilihat teman-teman kita yang sementara ini merasa kalah,” ujarnya.

Semua tindakan harus dila­kukan berdasarkan konstitusi, bukan dengan langkah-langkah di jalanan yang akan bertabrakan dengan TNI. “Ini (langkah-langkah jalanan) tidak kami inginkan. Untuk itu, saya ber­harap yang merayakan jangan berlebihan dalam menyampai­kan rasa gembiranya, itu pesan saya,” katanya.

Panglima mengaku bersyu­kur karena pasukan cadangan yang telah disiapkan tidak ditu­runkan. Sampai saat ini TNI ti­dak menurunkan pasukan ter­sebut. Itu artinya, situasi di In­donesia aman dan nyaman.

KapuspenTNI Mayjen Fuad Basya mengatakan, hingga kini situasi dan kondisi pascapilpres tetap kondusif. Masyarakat tidak perlu khawatir dalam beraktivitas, TNI akan terus memberikan jaminan rasa aman. “Semua aman, kondusif. Tidak usah takut atau khawatir TNI dan Polri akan terus mem­berikan rasa aman,” jaminnya.(sucipto), Sumber Koran: Seputar Indonesia (24 Juli 2014/Kamis, Hal. 04)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Panglima TNI: Pascapilpres Keamanan Tetap Kondusif