TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PERINGATAN NUZULUL QUR’AN 1435 H KOREM 051/WKT

By 17 Jul 2014 22:51Berita Satuan
051 Nuzulul Qur’an

Seluruh prajurit dan PNS Korem051/Wkt menghadiri Peringatan Nuzulul Qur’an 1435 Hijriah (2014 Masehi) di Masjid AL-FATTAH, Kamis (17/7). Kasi Pers Letkol Inf Gatot Rahmad Haryono mewakili Danrem 051/Wkt Kolonel Inf Rudianto dalam sambutanya mengatakan tujuan Khusus Dari Nuzulul Qur’an Memberikan Petunjuk kepada semua umat islam ke jalan yang lurus, sebagai adanya targhib dan tarhib, untuk dapat melaksanakan syari’at Allah SWT. Sebagai Jawaban terhadap pertanyaan dan juga penjelasan bagi mereka, seperti turunya Al-Anfal 1, dan an-Nisa’ : 127

Dalam Peringatan Nuzulul Qur’an bertema “Dengan hikmah puasa Ramadhan dan Nuzulul Qur’an tahun 1435H / 2014 M Kita Mantapkan Keimanan dan Ketaqwaan serta komunikasi sosial Prajurit TNI dengan rakyat guna memperkokoh persatuan dan kesatuan .Al-Qur’an sebagai Kalam Ilahi yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW mengandung petunjuk untuk menjadi pegangan bagi kita yang ingin mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Kolonel Inf Khoirul Mustofa sebagai penceramah menguraikan bahwa Al-Qur’an diturunkan (Nuzulul Qur’an) membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Apa hikmahnya? Adalah untuk menguatkan rasa cinta hati nabi Muhammad dan para sahabat nabi agar selalu merasa senang setiap kali turunnya ayat al-Qur’an. Disamping itu, al-Qur’an diturunkan dengan cara berangsur-angsur agar supaya para sahabat lebih mudah menghafalkan ayat-ayat al-Qur’an yang telah diturunkan lebih dahulu.l-Qur’an diturunkan oleh Allah Swt. sebanyak 30 juz, 114 surah, 6.236 ayat. Isi kandungannya dibagi menjadi tiga bagian. Sebagian dari isi al-Qur’an menjelaskan tentang sifat wajib Allah. Sebagian yang lain isi kandungan al-Qur’an menjelaskan tentang hukum-hukum syariat Islam dan sebagian diantaranya menceritakan tentang kejadian dan perilaku umat nabi terdahulu baik umat yang beriman kepada Allah ataupun umat yang inkar kepada-Nya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PERINGATAN NUZULUL QUR’AN 1435 H KOREM 051/WKT