TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

SEMINAR SEWINDU PENGABDIAN PASUKAN KONTINGEN GARUDA UNIFIL DI LIBANON

By 10 Jul 2014 19:37LUAR NEGERI, Pasukan Garuda
MCO_6657

Memasuki usia penugasan yang sudah berumur 8 tahun di Libanon,pada tanggal 2 Juli 2014 Kontingen Garuda UNIFIL mengadakan seminar tentang “Sewindu Pengabdian Kontingen Garuda UNIFIL”. Debut perdana yang membanggakan ini merupakan seminar kali pertama yang diadakan sejak penugasan Kontingen Garuda UNIFIL di Libanon padatahun 2006. Sebagai peserta kegiatan Seminar Sewindu Kontigen Garuda ini adalah seluruh Dansatgas Kontingen Garuda UNIFIL seperti FHQSU, INDOBATT, SEMPU, FPC, CIMIC, MCOU, INDOMEDIC, Senior Staff Officer dan Chief Branch UNIFIL Headquarter serta tamu dari berbagai TCC (Troops Countributing Countries).

Dalam bentuk dukungan untuk suksesnya kegiatan seminar ini, turut hadir beberapa nara sumber penting diantaranya : 1) Force Commander UNIFILMaj Gen Paolo Serra (Italy)  2) Duta Besar RI untuk Libanon, Dimas Samudra Roem 3) Wakil Rektor II Universitas PertahananMayjen TNI I Wayan Midhio3) LAF 9th Brigade Co Brig Gen Ahmad Badran 4) Atase Pertahanan Mesir Kol (Mar) Ipung Purwadi dan juga makalah dari Mayjen TNI Imam Edy Mulyonoyang saat ini menjabat Force Commander MINURSO serta makalah dari PTRI New York Laksma Yosafat Totok. Maj Gen Paolo Serra (Italy) sebagai Force Commander UNIFIL dalam sambutannya menyatakan peran yang diberikan oleh Kontingen Garuda dalam berbagai bentuk satgas merupakan peran yang sangat fundamental dalam tugas perdamaian di Libanon . FC UNIFIL menyampaikan hal tersebut karena saat ini Kontingen Garuda Indonesia merupakan TCC terbesar di UNIFIL.

Hal lain juga ditambahkan dalam sambutan Duta Besar Indonesia untuk Libanon Dimas Samudra Roembahwa Kontingen Garuda selama sewindu pelaksanaan tugas memberikan kontribusi yang besar dalam membawa kebudayaan Indonesian di dunia internasional, karena selain bertugas sebagai peacekeeper, Kontingen Garuda juga mempunyai peran sebagai duta pariwisata. Adapun Komandan Kontingen Garuda UNIFIL Kol.Inf Adipati Karna Wijaya yang bertindak selaku tuan rumah menyatakan kebanggaan dan rasa terima kasihnya kepada seluruh prajurit Kontingen Garuda UNIFIL atas terselanggaranya pelaksanaan seminar ini. “Ini merupakan suatu tantangan tersendiri bagi kami dalam mengadakan seminar, harapannya kedepan adalah hasil dari seminar ini dapat meningkatkan kualitas kontingen Garuda UNIFIL yang bertugas di Libanon.” ujar alumni Akabri 1990 ini.

“Sebelumnya proses menuju terselenggaranya seminar ini telah dilaksanakan Pra Seminar I dan II, sehingga diharapkan output yang dihasilkan dalam seminar ini bisa maksimal” tambah Mayor Arm Ezra Nathanael yang dalam hal ini berperan sebagai Ketua Panitia dan Ketua Tim Perumus Makalah Seminar. Momen ini diharapkan dapat mengetahui permasalahan – permasalahan yang dihadapi Kontingen Garuda ditinjau dari aspek Organisasi, Personil, Operasi, Latihan dan Logistik serta dirumuskannya upaya solusinya.

Tujuan Seminar ini dapat memberi harapan besar munculnya gagasan – gagasan konstruktif dari seluruh peacekeeper Kontingen Garuda yang saat ini mengemban misi perdamaian di Libanonsehingga dapat menambah nilai positif serta daya saing Indonesia guna mewujudkan World Class Armed Forces dan implementasi dari “Toward 4000 Peacekeeper” di pentas Internasional.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

SEMINAR SEWINDU PENGABDIAN PASUKAN KONTINGEN GARUDA UNIFIL DI LIBANON