TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Sertijab Kakumdam dan Kapaldam Kodam XVI/ Pattimura

By 01 Jul 2014 16:22Kodam XVI/Patimura
SERTIJAB Kapal & Kum 2

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Meris Wiryadi, SIP pagi tadi memimpin upacara sertijab Kakumdam XVI/Pattimura dari Kolonel Chk R. Hudi Purnomo, S.H, M.H kepada Kolonel Chk Dr. Tiarsen Buaton, S.H, L.L.M.Kapaldam XVI/Pattimura dari Kolonel Cpl Handono Tri Nugroho kepada Letnan Kolonel Cpl Argo Ponco Yuwono.

Mutasi jabatan tersebut dilakukan dalam rangka kepentingan pembinaan satuan dan sekaligus pembinaan personel yang bersangkutan. Dalam konteks pembinaan personel ini, maka mutasi dimaksudkan untuk lebih memantapkan dan mematangkan wawasan kepemimpinan dan kemampuan manajerial bagi Perwira yang bersangkutan.

Sehubungan dengan hal tersebut, saya selaku Pangdam XVI/Pattimura dan pribadi mengucapkan “Terima Kasih” yang tulus dan “Penghargaan” yang tinggi kepada, Kolonel Chk R. Hudi Purnomo, S.H, M.H dan Kolonel Cpl Handono Tri Nogroho, atas pelaksanaan tugas dan pengabdiannya di Kodam XVI/Pattimura selama ini, semoga pengalaman bertugas di Kodam XVI/ Pattimura ini dapat menjadi bekal yang berharga dalam melaksanakan tugas selanjutnya.

Saya menilai para Perwira telah berupaya dan bekerja keras sesuai bidang tugasnya masing – masing dengan penuh dedikasi dan loyalitas serta rasa tanggung jawab yang tinggi, sehingga mampu memberikan kontribusi yang signifikan untuk kemajuan dan keberhasilan tugas Kodam XVI/Pattimura. Ucapan yang sama juga saya sampaikan kepada Ibu Hudi Purnomo dan  Ibu Handono, yang dengan setia mendampingi suami bertugas di lingkungan Kodam XVI/ Pattimura, serta aktif mengikuti dan memimpin kegiatan Persit Kartika Chandra Kirana di Ranting masing – masing.

Selanjutnya kepada Kolonel Chk Dr. Tiarsen Buaton, S.H, L.L.M, dan Letnan Kolonel Cpl Argo Ponco Yuwono saya ucapkan “Selamat” atas kepercayaan dan kehormatan yang telah diberikan oleh Pimpinan TNI untuk memangku jabatan masing – masing sebagai Kakumdam dan Kapaldam XVI/Pattimura.

Jabatan ini merupakan amanah dari Tuhan Yang Maha Esa, yang kelak harus dipertanggungjawabkan kepada-Nya, untuk itu, laksanakan tugas tersebut dengan sebaik – baiknya, penuh semangat, dedikasi, loyalitas dan tanggung jawab serta tulus ikhlas, karena bagi seorang prajurit, tugas adalah kehormatan, kebanggaan dan kepercayaan, sekaligus harga diri, yang harus dijadikan prioritas untuk mencapai kesuksesan dan selalu berorientasi kepada keberhasilan pelaksanaan tugas pokok. Saya yakin dan percaya dengan bekal pengetahuan dan pengalaman jabatan sebelumnya saudara – saudara akan mampu mengemban tugas jabatan tersebut dengan baik. Program – program dan hal – hal positif yang telah dilaksanakan oleh pejabat sebelumnya agar dapat diteruskan dan lebih ditingkatkan lagi. Untuk itu, segera orientasi tugas secara menyeluruh sehingga tidak ada hambatan dalam melaksanakan tugas di tempat yang baru.

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa Hukum selalu mendapat sorotan dari kalangan luas masyarakat. Hukum memiliki arti peran penting dalam mengelola kehidupan berbangsa bernegara ke arah yang lebih baik. Disamping itu, berbagai kasus pelanggaran yang terjadi di Kodam XVI/ Pattimura masih cukup tinggi. Permasalahan tersebut, tentunya harus mendapatkan perhatian serius dari Kumdam XVI/Pattimura sebagai pengemban fungsi tekhnis hukum untuk melakukan kerjasama dengan seluruh jajaran Kodam XVI/Pattimura guna memberikan penyuluhan hukum kepada para prajurit di satuan jajaran Kodam XVI/ Pattimura.

Selanjutnya terkait dengan adanya berbagai kasus pelanggaran yang belum tuntas penyelesaiannya, agar Kakumdam segera mengkoordinasikan dengan pihak terkait sehingga proses peradilan berjalan dengan cepat, serta berikan bantuan hukum kepada personel yang bermasalah demi terwujudnya kepastian dan rasa keadilan.

 Kita ketahui bersama bahwa Paldam mempunyai tugas yang sangat penting, karena sebagian besar materiil dan alat peralatan serta alutsista Kodam XVI/ Pattimura dibina oleh Paldam sehingga Paldam dituntut mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, mengingat alutsista dan peralatan yang menjadi binaan Paldam merupakan materiil yang sarat akan muatan teknologi. Disamping itu, peningkatan kualitas sumber daya prajurit Paldam sangat diperlukan guna membangun profesionalisme serta mengimbangi tuntutan kemampuan dan keterampilan yang berbasis teknologi. Karenanya, kedepan Paldam XVI/ Pattimura dituntut untuk lebih mampu menampilkan kinerja yang lebih berkualitas dengan menerapkan prinsip – prinsip manajemen dan menjalankan tertib administrasi secara benar.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Sertijab Kakumdam dan Kapaldam Kodam XVI/ Pattimura